Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT UNGGUL RAYA LESTARI

Nurul Fadhillah, C. Budi Santoso, Dr., M.Bus.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Perkembangan ekonomi Indonesia mendorong peningkatan potensi persaingan dalam suati industri. Terdapat beberapa distributor resmi produk Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) di Sumbawa, namun para distributor ini juga bersaing dengan para penjual daring. PT Unggul Raya Lestari (PT URL) sebagai salah satu pemain dalam industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG)  sebagai distributor, memiliki kompetensi untuk menawarkan produk-produk dari beberapa merek terkenal. Namun, kinerja PT URL berdasarkan penjualan menunjukkan penurunan.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan metode wawancara, kuesioner, serta studi literatur data primer dan sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis persaingan dengan memerhatikan faktor eksternal dan internal yang memengaruhi bisnis PT URL dan kemudian memformulasikan strategi yang sesuai untuk PT URL dalam menghadapi persaingan. Metode analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis lingkungan makro atau PESTEL, analisis Lima Kekuatan Porter, analisis Faktor Sukses Kunci, Analisis Rantai Nilai, dan Analisis SWOT

Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi strategi bersaing untuk PT URL adalah strategi kepemimpinan biaya yang menjangkau pasar luas dengan biaya rendah. Strategi ini dapat dilakukan dengan melakukan penjualan daring melalui lokapasar maupun website perusahaan.


Kata kunci: Faktor Sukses Kunci, Lima Kekuatan Porter, PESTEL, Rantai Nilai, SWOT, Strategi bersaing

The development of the Indonesian economy encourages an increase in the potential for competition in an industry. There are several official distributors of fast Moving Consumer Googs (FMCG) product in Sumbawa, but these distributors also compete with online sellers. PT Unggul raya Lestari (PT URL) as one of the player in the Fast Moving Consumer Goods (FMCG) industry as a distributor, has the competence to offer products from several well-known brands. But PT URL's performance based on sales showed a decline.

This Study used data collection methods with interviews, questionnaires, and literature studies on primary and secondary data. This aims to conduct a competitive analysis by paying attention to external and internal factors that influence PT URL's business and formulate appropriate competitive strategies for PT URL in facing competition. The data analysis method used in this research is macro-environmental analysis or PESTEL, Porter's five forces, key success factor analysis, value chain analysis, and SWOT analysis.

Based on the research results, the recommended competitive strategy for PT URL is a cost leadership strategy that reaches a wide market with low costs. This strategy can be carried out by selling online through marketplaces and the company's website.

keywords: Competitive Strategy, Five Forces, Key Success Factors, PESTEL, SWOT, Value Chain

Kata Kunci : Faktor Sukses Kunci, Lima Kekuatan Porter, PESTEL, Rantai Nilai, SWOT, Strategi bersaing.

  1. S2-2023-470998-abstract.pdf  
  2. S2-2023-470998-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-470998-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-470998-title.pdf