Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing pada CV Yuemda Pangan Sejahtera

Fathur Fadhila Pratikananda Prabowo, Wakhid Slamet Ciptono M.B.A., M.P.M., Ph.D.

2023 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini dilakukan terhadap CV Yumeda Pangan Sejahtera untuk menganalisis strategi persaingan yang dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan perusahaan dalam menjadi pemimpin di industri pengolahan susu serta adanya perbedaan antara keuntungan yang direncanakan dengan realita CV Yumeda Pangan Sejahtera bergerak pada pasar business to business (B2B ) dan baru memasuki business to consumer (B2C ) pada saat pandemi Covid-19 guna menopang B2B yang sempat terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor eksternal pada industri olahan susu, mengidentifikasi faktor internal pada perusahaan, dan alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Adapun penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang baik terhadap permasalahan pada deskripsi data dan kondisi yang ada. Sumber data didapatkan dengan cara mewawancarai tiga direktur perusahaan sejenis dan manajer umum CV Yumeda Pangan Sejahtera, selain itu juga dilakukan observasi terkait perhitungan harga pokok produksi dari perusahaan. Penelitian ini diawali dengan analisis eksternal menggunakan Porter Five Forces yang menghasilkan adanya ancaman dalam tawar-menawar pembeli pada pasar B2B yang memiliki tingkat sensitivitas lebih tinggi dibandingkan B2C, kemudian dilanjutkan dengan Key Success Factor yang menemukan bahwa perlu adanya faktor pemasaran, kualitas produk, pemasok dan daya saing yang harus dimiliki oleh perusahaan. Analisis internal perusahaan dilakukan dengan analisis rantai nilai untuk melihat aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam menciptakan nilai yang dapat menjadi keunggulan bersaing yang dimiliki. Hasil menunjukan bahwa perusahaan memiliki strategi diferensiasi dalam strategi bersaingnya dikarenakan memiliki sertifikasi yang tidak dimiliki kompetitor, penggunaan bahan lokal, serta inovasi yang dilakukan berbasis pada keinginan konsumen. Alternatif strategi bersaing yang dapat digunakan ialah strategi Best Cost yang didukung penggunaan metode perhitungan harga pokok produksi dengan metode Activity Based Costing untuk meningkatkan keakuratan dalam perhitungan yang berimplikasi kepada keputusan manajerial. Strategi ini dapat dilakukan dengannadanya subsidi silang antara pasar B2B dan B2C guna mencapai skala ekonomi yang meningkat.

This research was conducted on CV Yumeda Pangan Sejahtera to analyze the competitive strategy due to the company's inability to become a leader in the dairy processing industry and the difference between profit between planned and reality. CV Yumeda Pangan Sejahtera is engaged in the market of business to business (B2B) and just entering business to consumer (B2C) during the Covid-19 pandemic to support B2B which had been hampered. This study aims to identify external factors in the dairy industry, identify internal factors in the company and alternative strategies that can be carried out by the company. The research was conducted using a qualitative descriptive method which aims to develop a good understanding of the problems in the description of the data and existing conditions. The source of the data was obtained by interviewing three directors of similar companies and the general manager of CV Yumeda Pangan Sejahtera; in addition to that, observations were also made regarding the calculation of the company's cost of goods sold. This study begins with an external analysis using Porter Five Forces which results in a threat in the bargaining of buyers in the B2B market which has a higher level of sensitivity than B2C, then proceeds with Key Success Factor which found that a company needs to have marketing, product quality, suppliers and competitiveness. The company's internal analysis is carried out by means of value chain analysis to see the activities carried out by the company in creating value which can become its competitive advantage. The results show that the company has a differentiation strategy on its competitiveness because it has certifications that competitors do not have, the use of local ingredients, and innovations based on consumer desires. Alternative competitive strategy that can be used is Best Cost strategy which is supported by the use of the method of calculating the cost of goods manufactured by the method of Activity Based Costing to improve accuracy in calculations that have implications for managerial decisions. This strategy can be carried out by cross subsidizing between B2B and B2C markets in order to achieve increased economies of scale.

Kata Kunci : Strategi Bersaing, Analisis Eksternal, Analisis Internal, Strategi Best Cost

  1. S2-2023-485639-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485639-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485639-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485639-title.pdf