Laporkan Masalah

Peran Media Richness Ketika Naturalness Tinggi: Setting Eksperimental dalam Mengoptimalkan Prestasi Belajar Mahasiswa

CARAKA HADI, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.

2023 | Tesis | MAGISTER SAINS AKUNTANSI

Penelitian ini meninjau kembali teori media naturalness (MN) sebagai pemicu yang mendasari agar teori Media Richness MR dapat bekerja secara menonjol. Selain itu, menyelidiki dominasi tinggi rendah tatap muka (FtF) siswa disertai dengan media pembelajaran yang didukung. Dengan demikian, penelitian ini mengusulkan optimalisasi pembelajaran yang sangat baik: knowledge acquisition, setiap kali siswa berpreferensi pada face-to-face MN tinggi yang selanjutnya didukung oleh MR. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam beradaptasi secara kognitif. Metodologi penelitian ini menggunakan desain (MR) dengan jenis teks (MR rendah) dan video grafis gerak (MR tinggi) sebagai perlakuan eksperimental. Selanjutnya, MN sebagai dasar pertama dan MR sebagai perlakuan yang mempengaruhi pengoptimalan atas proses pembelajaran siswa. Oleh karena itu, peneliti merancang desain eksperimen 2x2, yang menunjukkan keluaran konsekuensi dari knowledge acquisition mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi tatap muka (MN) berperan penting sebagai dasar, diikuti oleh pemanfaatan media digital (MR) dalam membangun konstruksi pembelajaran yang terintegrasi bagi siswa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa siswa dengan pemahaman MN dan dikombinasikan MR tinggi mampu mengoptimalkan hasil pembelajaran siswa.

This study reviews the theory of media naturalness (MN) as the underlying trigger for Media Richness MR theory to work prominently. In addition, investigating the dominance of high-low face-to-face (FtF) students is accompanied by supported learning media. Thus, this study proposes an excellent learning optimization: knowledge acquisition, whenever students have a preference for high face-to-face MN which is further supported by MR. Therefore, this study shows the ability of students to adapt cognitively. The methodology of this study uses a design (MR) with text type (low MR) and video motion graphics (high MR) as experimental treatment. Furthermore, MN as the first basis and MR as a treatment that influences the optimization of the student learning process. Therefore, the researchers devised a 2x2 experimental design, which shows the consequential outcomes of their knowledge acquisition. The results of the study show that face-to-face interaction (MN) plays an important role as a basis, followed by the use of digital media (MR) in building integrated learning constructions for students. In addition, this study also found that students with high MN and combined MR understanding were able to optimize student learning outcomes.

Kata Kunci : media technology, naturalness, media richness, attachment, knowledge acquisition

  1. S2-2023-471241-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471241-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471241-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471241-title.pdf