Representasi Kaikoku dalam Archon Quest Chapter II Seri Inazuma dalam Permainan Genshin Impact
M HAFIZ ZIQRIRAHMAN, Dra. Sri Pangastoeti, M.Hum.
2023 | Skripsi | S1 SASTRA JEPANGDekret Sakoku merupakan peristiwa sejarah di Jepang dengan dibatasinya negara tersebut dari bangsa asing. Kebijakan ini dilakukan dengan alasan mosi tidak percaya dan kontrol absolut dari Pemerintahan Tokugawa. Sakoku tidak hanya berdampak kepada hubungan internasional seperti perdagangan, namun juga kepada kondisi internal di Jepang pada saat itu. Setelah dua abad berjalan dan melalui serangkaian peristiwa yang melibatkan banyak pihak eksternal, Jepang kembali membuka negaranya yang disebut kaikoku. Kaikoku menjadi awal baru yang juga menjadi langkah awal perkembangan Jepang yang terjadi sampai masa kini. Genshin Impact merupakan gim yang mengambil banyak referensi dari dunia nyata yang kemudian dijadikan unsur dari permainan itu sendiri dengan unsur fiktif yang ditambahkan. Peristiwa sakoku-kaikoku juga menjadi salah satu hal yang diadaptasi ke dalam gim ini dalam badan cerita Archon Quest Part II. Namun dalam gim ini kebijakan tersebut berlangsung di Inazuma dengan latar belakang yang mirip. Penelitian ini memberikan paparan analisis perbandingan dari kaikoku pada fakta sejarah Jepang dan bagaimana representasi yang ada dalam gim Genshin Impact. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan persamaan dan perbedaan yang dapat terlihat. Lalu persamaan dan perbedaan yang ditemukan dipakai untuk menentukan ketepatan representasi kejadian sejarah yang terdapat dalam gim.
The Sakoku Edict is a major historical event in Japan. The decree aimed to limit foreign influences. These policies were driven by the Tokugawa Bakufu government's desire to control the nation as well as a fear of being conquered. The impact of sakoku's policies were limited to trade and Japan's internal affair at that time. After two centuries, responding a series of external pressures, Japan re-opened its country known as kaikoku. Genshin Impact is a game that take references from the real world which then used them as elements of the game itself with added fictional elements. The sakoku-kaikoku events are also one of the references adapted into this game in its Archon Quest Part II. However, the policy takes place in Inazuma with a similar background in this game. This research provides a comparative analysis of the kaikoku event on Japanese history and how Genshin Impact represented them. The findings show several similarities and differences. Then, both of them are used to determine the accuracy of the representation of historical events contained in the game.
Kata Kunci : sakoku-kaikoku, Genshin Impact, representasi.