Laporkan Masalah

Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Al-Qalbu Al-Jarihu dalam Antologi Cerpen Hikayatu Tabibin Karya Najib Al-Kailani: Analisis Struktural

NANDA WARDAH AFIFAH, Dr. Zulfa Purnamawati,S.S., M.Hum.

2023 | Skripsi | S1 SASTRA ARAB

Penelitian ini membahas unsur-unsur intrinsik yang terdapat pada cerpen "Al-Qalbu Al-Jarihu" dalam antologi Hikayatu Tabibin karya Najib Al-Kailani. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis struktural. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah unsur-unsur intrinsik cerpen yang mencakup fakta cerita yang terdiri atas karakter, alur, latar, kemudian tema, serta sarana cerita yang terdiri atas judul dan sudut pendang. Penelitian ini juga membahas keterkaitan antarunsur tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, tokoh utama dalam cerpen ini adalahAbdul Jawwad. Adapun tokoh tambahan dalam cerpen ini adalah Tokoh Aku/Dokter, Salwa, Abbas , Husain, Teman-teman Abdul Jawwad, ahli agama dan politik, Manshur, Ayah Abdul Jawwad, Tamu, dan Dokter patologi forensik. Alur yang digunakan dalam cerpen ini adalah alur campuran. Latar tempat dalam cerpen ini adalah penjara, kompleks lingkungan yang bertradisi, rumah Abdul Jawwad, suatu tempat yang jauh, dan jalan. Latar waktu dalam cerpen ini adalah malam hari. Latar sosial-budaya dalam cerpen ini adalah kehidupan di lingkungan penjara yang rukun dan kehidupan di lingkungan kota yang berpegang teguh pada adat dan tradisi. Tema dalam cerpen ini berkaitan dengan tokoh utama, yaitu perbuatan yang dilandasi pada kemarahan akan menimbulkan penyesalan yang panjang sementara perbuatan yang dilandasi pada ilmu dan keyakinan akan menimbulkan ketenangan dalam hati. Judul dalam cerpen ini berkaitan terhadap tokoh utama dan isi cerita. Cerpen ini diceritakan dengan sudut pandang orang utama-sampingan. Unsur-unsur intriksik dalam cerpen ini memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga membentuk makna yang utuh dan padu.

This study discusses the intrinsic elements of the short story "Al-Qalbu Al-Jarihu" in the anthology Hikayatu Tabibin by Najib Al-Kailani. The theory used in this story is a structural theory. The method used in this study is a method of structural analysis. The problems discussed in this study are intrinsic elements in the short story consisting of the fact of the story that includes character and characterization, plot, setting, theme, and the literary device that include title and points of view. This study also analyzes the relations among those elements. Based on the analysis conducted, the main character in this short story is Abdul Jawwad. The additional characters in this short story are I/Doctor, Salwa, Abbas, Husain, friends of Abdul Jawwad, an expert on religion and politics, Mansur, father of Abdul Jawwad, a devout person, and a doctor of forensic pathology. The plot of this story is a mixed plot. The place setting in this short story is the prison, a traditional neighborhood complex, Abdul Jawwad's house, somewhere far away, and a street. The time setting in this short story is night. The socio-cultural background in this short story is life in a prison environment and life in a city environment complex that adheres to customs and traditions. The theme of this short story is actions based on kindness will cause long regrets, while actions based on knowledge and faith will bring peace to the heart. The title of this short story is relevant to the main character and the contents of the story. This story is written from the main-sub-person point of view. The intrinsic elements in this short story has relations with each other thus together they form a whole meaning.

Kata Kunci : cerita pendek, Al-Qalbu Al-Jarihu, Najib Al-Kailani, analisis struktural.

  1. S1-2023-446327-abstract.pdf  
  2. S1-2023-446327-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-446327-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-446327-title.pdf