Critical Success Factor eLearning pada Lembaga Kursus Online (Ruangguru)
ARINA ASHFA FIKRIYA, Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T
2022 | Tesis | MAGISTER TEKNOLOGI INFORMASIeLearning telah menjadi trend baru dalam beberapa tahun terakhir. eLearning dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih menarik dibandingkan dengan kelas tatap muka sehingga eLearning dapat memfasilitasi proses pembelajaran dengan lebih mudah. Salah satu trend eLearning di kalangan siswa sekolah di Indonesia adalah Ruangguru. Ruangguru memiliki video pembelajaran animasi dan memiliki model eLearning yang berbeda. Perkembangan Ruangguru perlu dilakukan identifikasi kualitas yang mempengaruhi keberhasilan Ruangguru. Salah satu metode yang dapat mengukur kualitas dari eLearning adalah Critical Success Factor (CSF). Fungsi dari CSF adalah untuk memastikan tingkat keberhasilan eLearning serta mengukur kinerja dari Ruangguru. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan Ruangguru menggunakan metode Critical Success Factor (CSF) dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki eLearning menjadi lebih baik. Penelitian ini menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang terdiri dari siswa SMP dan SMA. Kuesioner dibuat berdasarkan metode CSF. Faktor CSF yang digunakan memiliki 6 faktor dan 36 sub-faktor, faktor CSF terdiri dari karakteristik peserta didik, karakteristik pengajar, kualitas konten, kualitas teknologi informasi, dukungan Ruangguru dan dukungan sistem. Faktor-faktor tersebut mempunyai beberapa sub-faktor. Karakteristik peserta didik mempunyai 7 sub-faktor, karakteristik pengajar mempunyai 9 sub-faktor, kualitas konten mempunyai 5 sub-faktor, kualitas teknologi informasi mempunyai 9 sub-faktor, dukungan institusi pendidikan mempunyai 3 sub-faktor, sedangkan dukungan sistem mempunyai 3 sub-faktor. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Faktor-faktor CSF memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keberhasilan Ruangguru. Karakteristik peserta didik, Karakteristik Pengajar, Kualitas Teknologi Informasi dan Dukungan Sistem memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap keberhasilan eLearning Ruangguru. Ada beberapa rekomendasi bagi Ruangguru untuk meningkatkan sistem eLearning. Ada beberapa rekomendasi yang perlu ditingkatkan oleh Ruangguru, yaitu Peningkatan Komitmen berupa Fitur yang membantu membangun tujuan pembelajaran siswa, Interaksi antar siswa dengan membangun fitur kolaborasi siswa dan Kuota Internet dengan Memberi pilihan kualitas video 240p
eLearning has become a new trend in recent years. eLearning can produce more interesting learning compared to face-to-face classes so that eLearning can facilitate theLearning process more easily. One of the eLearning trends among school students in Indonesia is Ruangguru. Ruangguru has animated learning videos and has different eLearning models. The development of Ruangguru needs to identify the qualities that affect the success of Ruangguru. One method that can measure the quality of eLearning is the Critical Success Factor (CSF). The function of the CSF is to ensure the success rate of eLearning and measure the performance of Ruangguru. This article aims to identify the factors that influence the success of Ruangguru using the Critical Success Factor (CSF) method and provide recommendations to improve eLearning for the better. This study distributed questionnaires to 100 respondents consisting of junior high and high school students. The questionnaire was created based on the CSF method. The CSF factor used has 6 factors and 36 subfactors, the CSF factor consists of student characteristics, teacher characteristics, Content quality, information technology quality, Ruangguru support and system support. These factors have several sub-factors. Characteristics of students have 7 sub-factors, characteristics of teachers have 9 sub-factors, Content quality has 5 sub-factors, quality of information technology has 9 sub-factors, educational institution support has 3 sub-factors, while system support has 3 sub-factors factor. The results of this study indicate that CSF factors have a significant influence on Ruangguru's success. students, teacher characteristics, technology quality and system support have the most significant influence on the success of Ruangguru's eLearning. There are several recommendations for Ruangguru to improve its eLearning system. There are several recommendations that need to be improved by Ruangguru, namely Increasing Commitment in the form of features that help build student learning, Interaction between students by building student collaboration features and Internet Quota by providing a choice of 240p video quality.
Kata Kunci : eLearning, Critical Success Factor, Ruangguru, Karakteristik Peserta Didik, Karakteristik Pengajar, Kualitas Konten, Kualitas Teknologi Informasi, Dukungan Ruangguru, Dukungan Sistem