Pengaruh Employer Brand Attractiveness Terhadap Intensi untuk Melamar Pekerjaan di PT Unilever Indonesia Tbk dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Generasi Z di Indonesia)
SABDA ALAM TEDUH N, Reni Rosari, Dr., M.B.A.
2023 | Skripsi | S1 MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan di PT Unilever Indonesia Tbk yang dimediasi oleh reputasi perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang meneliti mahasiswa sarjana tingkat akhir dan fresh graduate generasi Z di Indonesia. Responden telah terkumpul sebanyak 210 pada penelitian ini secara daring. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dalam pengujian model dan pendekatan Partial Least Square (PLS) berbasis varian atau komponen yang digunakan dalam menganalisis data pada aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer brand attractiveness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi untuk melamar pekerjaan, dan reputasi perusahaan memediasi secara parsial pada pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan.
This study aims to examine the effect of employer brand attractiveness on the intention to apply for a job at PT Unilever Indonesia Tbk mediated by company reputation. This study is a quantitative research that examines final year undergraduate students and fresh graduates of generation Z in Indonesia. Respondents have been collected as many as 210 in this study online. This study uses a Structural Equation Model (SEM) in model testing and a variant-based or component-based Partial Least Square (PLS) approach used in analysing data in the SmartPLS application. The results showed that employer brand attractiveness has a positive and significant influence on the intention to apply for a job, and corporate reputation partially mediates the influence of employer brand attractiveness on the intention to apply for a job.
Kata Kunci : Employer Brand Attractiveness, Generasi Z, Intensi untuk Melamar Pekerjaan, Reputasi Perusahaan.