Laporkan Masalah

Peran Tekanan Teman Sebaya terhadap Ketidakjujuran Akademik dalam Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi COVID-19 pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

CHERIA TRIANA S, Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A.

2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

COVID-19 mengubah metode pembelajaran di Indonesia menjadi pembelajaran daring. Hal itu dapat mengakibatkan terjadinya tindakan ketidakjujuran akademik pada siswa SMA di Indonesia. Beberapa studi menyebutkan bahwa tekanan teman sebaya memengaruhi siswa untuk melakukan tindakan ketidakjujuran akademik. Hipotesis penelitian ini adalah tekanan teman sebaya berkontribusi positif terhadap ketidakjujuran akademik. Studi ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui peran tekanan teman sebaya terhadap ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran daring selama masa pandemi pada siswa SMA. Pengumpulan data menggunakan Skala Ketidakjujuran Akademik dan Skala Tekanan Teman Sebaya. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Partisipan merupakan siswa SMA X kelas 11 yang pernah menjalani pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 (N=148). Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa tekanan teman sebaya berkontribusi positif terhadap ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran daring selama masa pandemi pada siswa SMA.

COVID-19 has changed the learning method in Indonesia into online learning. It may lead to academic dishonesty among high school students in Indonesia. Several studies stated that peer pressure influences students to commit academic dishonesty. It was hypothesized that peer pressure positively contributes to academic dishonesty. This study employs quantitative methods and aims to examine the role of peer pressure towards academic dishonesty in online learning during pandemic among high school students. Data is collected by using Academic Dishonesty Scale and Peer Pressure Scale. Participants are selected by purposive sampling. Participants were students at Senior High School X in grade 11 who had participated in online learning during pandemic (N=148). The results of simple linear regression analysis showed that peer pressure positively contributes to academic dishonesty in online learning during pandemic among high school students.

Kata Kunci : ketidakjujuran akademik, pembelajaran daring, tekanan teman sebaya

  1. S1-2023-430579-abstract.pdf  
  2. S1-2023-430579-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-430579-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-430579-title.pdf