Laporkan Masalah

Peran Efikasi Diri Akademik Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa yang Mengikuti Pembelajaran dari Daring ke Luring

SEKAR JUANG A P, Dian Mufitasari, S.Psi, M.Psi, Psikolog

2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Turunnya penyebaran COVID-19 di Indonesia pada awal tahun 2022 mengakibatkan kembali diterapkannya pembelajaran tatap muka. Hal tersebut menyebabkan terjadinya transisi. Proses pembelajaran semula daring kini kembali dilaksanakan secara luring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peran efikasi diri akademik terhadap peyesuaian diri mahasiswa yang menjalani pembelajaran dari daring ke luring. Partisipan penelitian merupakan 173 mahasiswa di Indonesia yang mengalami perubahan sistem pembelajaran dari daring ke luring, khususnya mahasiswa angkatan 2019, 2020, dan 2021. Penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu SACQ (Student Adaptation to College Questionnaire) dan Skala Efikasi Diri Akademik. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan efikasi diri akademik memiliki peran terhadap penyesuaian diri mahasiswa sebesar 48,9%.

The decrease in the spread of COVID-19 in Indonesia in early 2022 resulted in the re- implementation of face-to-face learning. This causes a transition. The learning process that was originally online is now being carried out offline again. This study aims to see whether there is a role for academic self-efficacy in student self-adjustment who attended online to offline learning. The research participants were 173 students in Indonesia who experienced a change in the learning system from online to offline, especially students in the 2019, 2020, and 2021 batches. This study used two instruments, namely the SACQ (Student Adaptation to College Questionnaire) and the Academic Self-Efficacy Scale. Data were analyzed using simple linear regression. The results showed that academic self-efficacy has a role of 48,9% of student self-adjustment.

Kata Kunci : efikasi diri akademik, penyesuaian diri, pembelajaran daring ke luring.

  1. S1-2023-430616-abstract.pdf  
  2. S1-2023-430616-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-430616-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-430616-title.pdf