Laporkan Masalah

Delivering Digital Service in the Public Sector: User Experience (UX) Analysis of the SIARAN TANGSEL Mobile Application Towards User Satisfaction of South Tangerang City

BERLIANA AZKA AFINA, Drs. Yuyun Purbokusumo, M.Si., Ph.D

2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Kajian penelitian tentang pengalaman pengguna pada aplikasi seluler telah banyak diterapkan di berbagai bidang, khususnya di bidang TI. Namun, masih sedikit penelitian yang mengukur kepuasan pengguna melalui analisis pengalaman pengguna pada aplikasi seluler dalam konteks layanan sektor publik. Penulis telah merancang satu set kuesioner yang terdiri dari 30 item pernyataan positif dengan menggunakan skala Likert sebagai alat ukurnya. Dalam studi penelitian ini, analisis regresi linier berganda digunakan untuk menentukan hubungan antara kepuasan pengguna sebagai variabel dependen dan interaktivitas, informasi, dan keterjangkauan navigasi sebagai tiga variabel independen. Berdasarkan hasil dan pembahasan kajian penelitian ini, terdapat pengaruh signifikan variabel interaktivitas, informasi, dan keterjangkauan navigasi terhadap kepuasan pengguna aplikasi mobile SIARAN TANGSEL, dengan keterjangkauan informasi yang paling berpengaruh. Mengingat masih ada 48,5% variabel lain yang belum diteliti dalam mengukur tingkat kepuasan pengguna pada aplikasi mobile SIARAN TANGSEL, maka penulis mendorong dilakukannya penelitian lebih lanjut untuk mempelajari dan menganalisis elemen sisanya.

Research studies on user experience in mobile applications have been widely applied to various fields, especially in IT. However, there is still little research on measuring user satisfaction through user experience analysis on mobile applications in the context of public sector services. The author has designed a set of questionnaires that consist of 30 positive statement items using a Likert scale as a measurement. In this research study, multiple linear regression analysis was used to determine the relationship between user satisfaction as the dependent variable and interactivity, information, and navigation affordance as the three independent variables. Based on the results and discussion of this research study, there is a significant influence of the interactivity, information, and navigation affordance variables on the user satisfaction of the SIARAN TANGSEL mobile application, with information affordance having the most influence. Considering that there are still another 48.5% of variables that have not been studied in measuring the level of user satisfaction in the SIARAN TANGSEL mobile application, the author encourages further research to study and analyze the remaining elements.

Kata Kunci : User Satisfaction, User Experience (UX), Technology Affordance, e-Government, Mobile Application

  1. S1-2023-440534-abstract.pdf  
  2. S1-2023-440534-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-440534-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-440534-title.pdf