Laporkan Masalah

Indonesian MSMEs Digital Maturity

HAFSHAH LUTHFIAH H, Media Wahyudi Askar, M. Sc., PhD.

2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Pemerintah Indonesia telah mendorong pengembangan ekonomi digital sebagai salah satu strategi transformasi ekonomi penting negara. Ekonomi digital dapat memperluas jangkauan pasar negara dengan tetap menjaga daya saing. Namun untuk mencapai ekonomi digital, transformasi digital harus terjadi, karena merupakan salah satu enabler ekonomi digital. Alhasil, pemerintah berupaya mempercepat transformasi digital nasional. UMKM dikenal sebagai mesin perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kematangan digital UMKM Indonesia untuk menilai kesiapan UMKM Indonesia dalam menghadapi transformasi digital menggunakan MSME Digital Maturity Framework. Analisis deskriptif dilakukan dari survei Indonesia Financial Inclusion Insight (FII) 2020. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar UMKM memiliki ponsel secara pribadi dibandingkan dengan berbagi ponsel dan tidak melihat adanya alasan untuk tidak memiliki ponsel dan jarang mengalami masalah ponsel. Selain itu, sebagian besar UMKM memilih untuk tidak menggunakan uang elektronik sebagai metode pembayaran e-commerce; dengan demikian, mereka lebih memilih untuk menggunakan transaksi tunai sebagai metode pembayaran. Seiring dengan itu, banyak UMKM yang tidak menggunakan pembiayaan konvensional atau pinjaman online atau tidak melakukan transaksi di e-commerce.

The Indonesian government has pushed for the development of a digital economy as one of the country's critical economic transformation strategies. The digital economy can broaden the country's market reach while maintaining competitiveness. However, to achieve the digital economy, digital transformation must occur, as it is one of the digital economy's enablers. As a result, the government has been working on accelerating national digital transformation. MSMEs are known to be the engine of the Indonesian economy. Therefore, this study aims to assess Indonesian MSMEs' digital maturity level to evaluate Indonesian MSMEs' readiness for digital transformation using the MSME Digital Maturity Framework. A descriptive analysis is carried out from the 2020 Indonesia Financial Inclusion Insight (FII) survey. The results of this study found that a significant proportion of MSMEs personally own a cell phone compared to sharing a cell phone and do not see any reasons not to have a cell phone and rarely experience phone problems. In addition, a significant proportion of MSMEs prefer not to use electronic money as a payment method for e-commerce; thus, they prefer to use cash transactions as a payment method. Along with that, many MSMEs do not use conventional financing or online lending or do not carry out transactions on e-commerce.

Kata Kunci : The Indonesian government has pushed for the development of a digital economy as one of the country's critical economic transformation strategies. The digital economy can broaden the country's market reach while maintaining competitiveness. However, to ac

  1. S1-2023-440540-abstract.pdf  
  2. S1-2023-440540-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-440540-title.pdf