Laporkan Masalah

Kembali ke Alam: Makna Bekerja di Kebun Anggur Organik (Studi Kasus Pekerja Anggur Weingut Pix di Ihringen, Jerman Selatan)

MUTIARA KUSUMA P.D, Dr. Sita Hidayah, S.Ant,. M.A.

2023 | Skripsi | S1 ANTROPOLOGI BUDAYA

Sebagai salah satu negara penghasil wine organik terbesar di Uni-Eropa maka tak mengherankan bahwa banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh Weingut Pix selama satu tahun penuh untuk mendapatkan kualitas terbaik dari produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, banyak perusahaan penghasil anggur organik termasuk Weingut Pix yang membutuhkan tenaga kerja di perusahaan mereka. Maka banyak cara yang dilakukan oleh para pemilik perusahaan produksi anggur organik untuk mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan. Walaupun di dalam perusahaan anggur organik terdapat pembagian tenaga kerja, yaitu tenaga kerja tetap dan musiman bagi para pekerja yang datang silih berganti untuk membantu dengan motif yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Riset ini berfokus pada para pekerja di Weingut Pix yang terletak di Desa Ihringen, Jerman Selatan. Para pekerja ini membantu pekerjaan di perusahaan anggur organik baik di perkebunan maupun di dalam rumah produksi wine. Proses pengumpulan data yang dilakukan dari bulan Juli 2022 hingga Agustus 2022 melalui partisipasi observasi dan wawancara, ditemukan bahwa para pekerja memiliki motif dan makna yang berbeda-beda dalam menjalankan pekerjaan mereka selama di Weingut Pix. Dari mengisi waktu luang, ketertarikan terhadap pemeliharaan anggur organik, hingga untuk mendapatkan kehidupan layak dari pekerjaan yang mereka lakukan. Oleh karena itu, hasil dari riset dan penulisan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bahwa tenaga kerja di Weingut Pix melakukan pekerjaan mereka bukan hanya mengenai upah semata, tetapi juga dikarenakan adanya lingkungan kerja yang menyenangkan sehingga terjadi kedekatan dengan pemilik perusahaan serta adanya kebebasan para pekerja dalam mengendalikan waktu kerja dan luang mereka. Maka ini memperlihatkan bahwa setiap orang memiliki pemahaman mereka sendiri terhadap kehidupan bekerja.

As one of the biggest organic wine producers in Europe, it is not a wonder that there are many works need to be done by Weingut Pix for a whole year to get the best quality from the produced products. Because of that, many organic wine producer companies including Weingut Pix that need worker in their companies. Then, there are many ways done by the owner of organic wine companies to get the worker needed. Even if, in the organic wine companies there is a category for the worker which includes permanent and seasonal worker that comes now and then with different reasons from one to another. This research focuses on the workers in Weingut Pix located in Ihringen, South Germany. These workers help works in both in plantation and wine house production. The process of data accumulation done from July 2022 to August 2022 through observation participation and interview, it is found that the workers have different motives and meanings in doing their job while in Weingut Pix. From filling free time, interest on organic wine, to getting a decent life from the job that they do. Because of that, the result from the research and this writing is aimed to give understanding that manpower in Weingut Pix do their works not solely for the salary, but also because the work environment is pleasing that there is closeness with companies owners and freedom for the workers in controlling their work time and free time. This shows that each person has their own understanding towards work life.

Kata Kunci : Tenaga Kerja, Motif Bekerja, Makna Bekerja, Perusahaan Anggur Organik

  1. S1-2023-439480-bibliography.pdf  
  2. S1-2023-439480-tableofcontent.pdf  
  3. S1-2023-439480-title.pdf  
  4. S1-2023-493840-abstract.pdf