STRATEGY TO DISRUPT THE PODCASTING INDUSTRY THROUGH TECHNOLOGICAL AND BUSINESS MODEL INNOVATION: A CASE STUDY OF SPOTIFY VS APPLE PODCASTS
ANGELA DEA R, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.
2023 | Tesis | Magister ManajemenPodcasting telah berkembang pesat dengan strategi inovasi teknologi dan bisnis, terbukti Spotify melampaui Apple Podcasts dalam pengguna aktif dalam empat tahun. Di bagian awal, studi kasus ini akan membandingkan keunggulan strategis dan kompetitif Spotify dan Apple Podcasts. Selanjutnya, akan dibahas bagaimana model inovasi teknologi dan bisnis mereka mengganggu pasar. Data sekunder digunakan dalam desk research untuk tesis ini. Keunggulan kompetitif Spotify adalah komunitas penggunanya, brand awareness, loyalitas pelanggan, hak eksklusif atas konten populer, pengembangan teknologi, dan rantai nilai yang terintegrasi secara vertikal. Spotify menggunakan strategi cost leadership dan mengubah sumber daya, mitra, aktivitas, dan hubungan pelanggannya untuk meningkatkan performanya. Sementara itu, Apple Podcasts memiliki keunggulan kompetitif karena struktur organisasinya, pengenalan merek, loyalitas pelanggan, dan teknologi, pembelajaran mesin, dan keterampilan aplikasi AI. Perusahaan ini menerapkan strategi broad differentiation dan beralih dari inovasi radikal pada tahun 2005 untuk mempertahankan inovasi dalam membangun lingkungan RSS gratis berbayarnya sendiri. Kedua perusahaan itu berkembang melalui penetrasi dan pengembangan pasar. Sebagai rekomendasi, Spotify harus meningkatkan keamanan data dan menjaga agar merek tetap terjangkau dan praktis. Sementara itu, Apple harus meningkatkan strategi pemasaran dan fitur pendengarnya untuk menarik lebih banyak pendengar yang toleran terhadap paywall. Penelitian di masa mendatang dapat berfokus pada podcasting video dan menggunakan data primer dari konsumen nyata untuk menentukan bagaimana podcasting akan berlanjut.
Podcasting has grown rapidly using technological and business innovation strategies, with Spotify surpassing Apple Podcasts in active users in four years. Initially, this case study compares Spotify and Apple Podcasts' strategic and competitive advantages. Furthermore, how their technological and business innovation models disrupt markets. The paper utilizes secondary data for desk research. Spotify's competitive advantages are its user community, brand awareness, customer loyalty, exclusive rights to popular content, technology development, and vertically integrated value chain. It utilizes cost-leadership strategy and changes its resources, partners, activities, and customer relationships to improve podcasting. Apple Podcasts has a competitive advantage due to its organizational structure, brand recognition, customer loyalty, and technological, machine learning, and AI application skills. It applies broad differentiation strategy and went from radical innovation in 2005 to sustaining innovation in building its own paid free-RSS environment. Both incumbents grow through market penetration and development. As a recommendation, Spotify should improve data security and keep the brand affordable and seamless. Meanwhile, Apple should improve its marketing strategy and listener features to attract more paywall-tolerant listeners. The future research could focus on video podcasting and use primary data from real consumers to determine how podcasting will continue.
Kata Kunci : Business strategy, competitive advantage, business model innovation, podcasting industry