Laporkan Masalah

Analisis Implementasi Strategik PT. Mulia Mandiri Supply

Angger Bagaskara, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2023 | Tesis | Magister Manajemen

PT. Mulia Mandiri Supply merupakan perusahaan yang bergerak di industri digital printing. PT. Mulia Mandiri Supply mengambil peran sebagai distributor resmi mesin dan bahan beberapa merek terkenal seperti Epson, Maxdecal, Swissq, dll. Perusahaan telah berdiri dari tahun 2011 dan telah melewati berbagai rintangan yang ada termasuk pandemi pada tahun 2020-2022. Pada tahun 2023, perusahaan ingin melakukan beberapa strategi untuk mampu menjadi juara dalam industri yang diarungi. Perusahaan memiliki kemampuan dalam menjadi juara, namun ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuatkan analisis implementasi strategi bagi perusahaan dalam mencapai cita-cita di masa depan. Rerangka kerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi peta jalan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, melakukan diskusi grup fokus dan melakukan analisis data sekunder. Untuk mencapai pembuatan peta jalan, diperlukan beberapa langkah yaitu analisis tujuan, analisis faktor kritis sukses perusahaan, analisis kesenjangan, dan analisis rencana aksi yang harus dilakukan perusahaan. Hasil yang didapat pada analisis ini terdapat 1 tujuan strategis dan 3 sasaran strategis, selain itu ada 8 kesenjangan yang harus segera diselesaikan oleh perusahaan. Selanjutnya perusahaan akan melakukan 12 rencana aksi untuk mencapai sasaran strategis yang telah ditentukan.

PT. Mulia Mandiri Supply is a company engaged in the digital printing industry. PT. Mulia Mandiri Supply takes on the role of the official distributor of machines and materials for several well-known brands such as Epson, Maxdecal, Swissq, etc. The company has been established since 2011 and has gone through various obstacles including the pandemic in 2020-2022. In 2023, the company wants to carry out several strategies to be able to become a champion in the industry it is wading through. The company has the ability to become a champion, but there are several aspects that must be considered carefully. The purpose of this study is to develop an analysis of the implementation of strategies for companies in achieving future goals. The framework used in this study is a roadmap strategy. The data collection method in this study was conducting focus group discussions and conducting secondary data analysis. To achieve the creation of a road map, several steps are needed, namely analysis of objectives, analysis of critical success factors for the company, analysis of gaps, and analysis of action plans that must be carried out by the company. The results obtained in this analysis are 1 strategic goal and 3 strategic goals, besides that there are 8 gaps that must be resolved by the company immediately. Furthermore, the company will carry out 12 action plans to achieve predetermined strategic goals.

Kata Kunci : Analisis tujuan, Kesenjangan, Pasar, Rencana Aksi / Objectives analysis, Gaps, Market, Action Plan

  1. S2-2023-486057-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486057-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486057-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486057-title.pdf