Evaluasi Strategi Portofolio Bisnis Perusahaan Jasa Konstruksi (Studi Kasus: PT PP (Persero) Tbk)
MUHAMMAD HAIQAL R, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.
2023 | Tesis | Magister ManajemenPTPP merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi dan investasi. Maraknya diversifikasi yang dilakukan oleh industri jasa konstruksi, memberikan ruang bagi perusahaan untuk membentuk atau membuka unit bisnis strategi yang bergerak di bidang baru guna pertumbuhan perusahaan, tak terkecuali PTPP. Seiring waktu portofolio bidang usaha berupa anak perusahaan/ divisi operasi/ serta subsidiary dalam bentuk lainnya semakin berkembang. Manajemen perusahaan perlu melakukan strategi pengelolaan portofolio untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi portofolio yang dimiliki perusahaan jasa konstruksi khususnya PTPP dengan menggunakan matriks Boston Consulting Group (BCG), matriks GE/ McKinsey, dan Matriks Ansoff. Metode yang digunakan adalah metode campuran kuantitatif-kualitatif yang disederhanakan dengan studi objektif deskriptif. Pengumpulan data secara sekunder dengan menggunakan laporan keuangan perusahaan yang dipublikasi secara umum, serta pengumpulan data primer melalui wawancara dengan narasumber manajemen perusahaan sebagai ahli. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Data sekunder digunakan untuk mengukur tingkat pertumbuhan penjualan peruasahaan serta pangsa pasar relatif yang akan digunakan dalam analisis matriks BCG. Sedangkan data primer digunakan untuk mengukur daya tarik industri dan kekuatan kompetitif bisnis untuk analisis matriks GE/Mc Kinsey dan evaluasi faktor internal serta evaluasi faktor ekstenal untuk analisis matriks Ansoff. Penelitian pada akhirnya menemukan bahwa manajemen perusahaan sebaiknya dapat menjalankan mandat yang disebutkan pada setiap matriks untuk masing-masing 5 (lima) bidang usaha yang dimiliki perusahaan. Strategi bertahan untuk 3 (tiga) bidang usaha, dan strategi menyerang untuk 2 (dua) bidang usaha.
PTPP is a State-Owned Enterprise (BUMN) engaged in construction and investment. The rise of diversification carried out by the construction service industry has provided space for companies to create or open strategic business units for company growth, including PTPP it self. Over time, the portfolio performance of business fields in the form of subsidiaries/ operating divisions/ as well as subsidiaries in other forms is growing. Company management needs to carry out a portfolio management strategy to achieve the vision and mission that has been set. This study aims to evaluate the portfolio strategy of construction service companies, especially PTPP, by using the Boston Consulting Group (BCG) matrix, the GE/McKinsey matrix, and the Ansoff matrix. The method used is a simplified quantitative-qualitative mixed method with a descriptive objective study. Secondary data collection using publicly published company financial reports, as well as primary data collection through interviews with company management sources as experts. The instrument used is a questionnaire. Secondary data is used to measure the company's sales growth rate and relative market share which will be used in the BCG matrix analysis. While primary data is used to measure industry attractiveness and business competitive strength for GE/McKinsey matrix analysis and internal factor evaluation and external factor evaluation for Ansoff matrix analysis. The research finally found that company management should be able to carry out the mandates mentioned in each matrix for each of the 5 (five) business fields owned by the company. Defensive strategy for 3 (three) business fields, and attack strategy for 2 (two) business sectors.
Kata Kunci : konstruksi, portofolio, strategi, matriks BCG, matriks GE McKinsey, matriks Ansoff, pertumbuhan, construction, portfolio, strategy, BCG matrix, GE McKinsey matrix, Ansoff matrix, business growth