Laporkan Masalah

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI DORONGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA LIVE STREAMING E-COMMERCE

ANNISA JUNIARTA M, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D

2023 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMEN

Bisnis digital berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir dan telah terjadi perubahan signifikan dalam teknologi dan pengadopsiannya yang selalu berinovasi dengan memberikan informasi yang autentik kepada pelanggan misalnya penggunaan fitur live streaming e-commerce. Skenario live streaming e-commerce membuat penonton tertarik dan menyerap informasi serta rekomendasi produk secara alami sehingga membuat penonton merasa seperti hadir secara langsung. Penelitian ini menggunakan kerangka Stimulus-Organism-Response (SOR) sebagai landasan teoritis berdasar pada lingkungan live streaming e-commerce yang berorientasi pada interaksi sosial secara langsung antara penjual dan konsumen. Aspek lingkungan pada live streaming e-commerce seperti interaktivitas, kualitas umpan balik dan deskriptif sensorik bertindak sebagai stimulus (S) akan mempengaruhi keadaan internal organisme yaitu telepresence, risiko produk dan emosi positif produk (O) yang dapat mendorong reaksi dorongan pembelian impulsif konsumen sebagai respon (R). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik berbasis SEM dengan AMOS sebagai teknik analisis data utama. Pengumpulan data mengunakan teknik survei secara purposive sampling yang dibagikan kepada 284 responden toko fesyen e-commerce di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis diterima, yaitu variabel interaktivitas, kualitas umpan balik dan deskriptif sensorik menunjukkan pengaruh positif terhadap telepresence. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan pengaruh positif telepresence terhadap risiko produk dan emosi positif produk. Adapun variabel risiko produk dan emosi positif produk berpengaruh pada dorongan pembelian impulsif. Temuan dalam penelitian ini berkontribusi pada pemahaman terkait dengan peningkatan aspek lingkungan sebagai stimulus dalam meningkatkan dorongan pembelian impulsif.

Digital business has developed rapidly in the last few decades and there have been significant changes in the adoption of technology that innovates by providing authentic information to customers, for example using e-commerce live streaming features. E-commerce live streaming scenarios keep viewers interested and naturally absorb information and product recommendations, making viewers feel as if they were there in person. This study used the Stimulus-Organism-Response (SOR) framework as a theoretical foundation based on an e-commerce live streaming environment that is oriented towards direct social interaction between sellers and consumers. Environmental aspects in e-commerce live streaming such as interactivity, feedback quaility and sensory descriptive as stimulus (S) will affect the internal state of the organism, namely telepresence, product risk and product positive emotion (O), which can encourage a reaction of consumers' impulsive buying as response (R). This study used a quantitative approach by testing the hypothesis using SEM-based statistical analysis with AMOS as the main data analysis technique. Data was collected by using a purposive sampling survey technique which was distributed to 284 respondents of fashion e-commerce shops in Indonesia. The results indicated that the entire hypothesis was accepted, where the variables of interactivity, feedback quality and sensory descriptive represented a positive effect on telepresence. In addition, the results of this study also showed the negative effect of telepresence on product risk and positive effect to product positive emotions. The product risk has a negative effect and positive emotions have a positive effect on impulsive buying tendency. The findings in this study contribute to an understanding related to increased environmental aspects as a stimulus in increasing impulsive buying tendency on live streaming e-commerce

Kata Kunci : Kata Kunci : Interaktivitas, Kualitas Umpan Balik, Deskriptif Sensorik, Telepresence, Risiko Produk, Emosi Positif Produk, Dorongan Pembelian Impulsif dan Live Streaming E-commerce / Keywords : Interactivity, Feedback Quality, Sensory Descriptive, Telepre

  1. S2-2023-447890-abstract.pdf  
  2. S2-2023-447890-Bibliography.pdf  
  3. S2-2023-447890-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-447890-Title.pdf