Laporkan Masalah

Analisis Strategi Diversifikasi PT CT Corpora

FAJAR AKBAR RAMADHAN, Ertambang Nahartyo , Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.

2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT CT Corpora merupakan salah satu kelompok perusahaan yang bergerak dalam beberapa bisnis industri di Indonesia. Perkembangan bisnis yang terjadi belakangan ini sangat dinamis, hal tersebut menjadikan persaingan usaha juga menjadi semakin ketat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka pelaku bisnis perlu membuat strategi bisnis yang dapat membantu mencapai tujuan dan bersaing dengan kompetitornya. Perusahaan memiliki berabagai macam strategi salah satu yang dapat digunakan oleh perusahaan besar adalah strategi diversifikasi. Strategi diversifikasi merupakan strategi yang dilakukan pada tingkat korporat, yaitu dengan cara perusahaan memperluas wilayah operasionalnya dengan merambah ke industri yang berbeda atau menghasilkan produk yang berbeda/bervariasi. Strategi diversifikasi juga digunakan oleh PT CT Corpora guna untuk meningkatkan jangkauan bisnisnya. Diversifikasi yang dilakukan CT Corpora adalah related business on unrelated group. Setiap perusahaan yang ingin melakukan diversifikasi dihadapkan dengan beberapa pilihan dalam melakukannya, seperti pengembangan internal perusahaan untuk membuat bisnis baru, kerja sama dengan perusahan lain atau dengan mengakuisisi sebuah perusahaan lain. Setiap pilihan tentu memiliki dampak kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pada PT CT Corpora diversifikasi yang dilakukan sering kali dengan cara mengakuisisi perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi diversifikasi yang dilakukan oleh PT CT Corpora menggunakan Porter Three Essential Test, apakah strategi tersebut dapat memberikan nilai tambah kepada perusahaan secara keseluruhan dan menjadikan keunggulan bersaing dengan kompetitor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya, hasil penelitian diharapkan dapat menjadi gambaran dan masukan kedepannya untuk perusahaan terkait dengan strategi bisnis yang akan dilakukan sehingga strategi diversifikasi dapat memberikan dampak positif yang maksimal bagi perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa industri yang menjadi target ekspansi yang dilakukan CT Corpora dalam hal ini Jasa Keuangan Bank, Media dan Perdagangan Retail tidak Atraktif, akan tetapi dengan sinergi yang dilakukan antar unit bisnis dibawah CT Corp mampu memberikan nilai tambah yang menjadi keuntungan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan competitor di industri tersebut.

PT CT Corpora is a group of companies engaged in several industrial businesses in Indonesia. Recent business developments have been very dynamic, this has made business competition even tighter. To anticipate this, businessman need to create a business strategy that can help achieve goals and compete with its competitors. Companies have a variety of strategies, one that can be used by large companies is the diversification strategy. The diversification strategy is a strategy carried out at the corporate level, by companies expanding their operational areas by entering different industries or producing different/varied products. The diversification strategy is also used by PT CT Corpora to increase its business. The diversification used by CT Corpora is related business on unrelated groups. Every company that wants to diversify is faced with several option in doing so, such as internal company development to create new businesses, cooperation with other companies or by acquiring another company. Each option certainly has its own advantages and disadvantages. PT CT Corpora diversification is often by acquiring other companies. This study aims to analyze the diversification strategy carried out by PT CT Corpora using the Porter Three Essential Test, whether the strategy can provide added value to the company as a whole and make it competitive advantage with competitors. The research method used is descriptive qualitative method. Furthermore, the results of the research are expected to be an illustration and future input for companies related to the business strategy that will be carried out so that the diversification strategy can have the maximum positive impact on the company. The results of this study indicate that the industries that are targeted for expansion by CT Corpora, in this case banking financial services, media and retail trade, are not attractive, However, with the synergies carried out between business units under CT Corp, it is able to provide added value which is an advantage that most competitors in the industry do not have.

Kata Kunci : Strategy, Diversification, Industry, Porter Three Essential Test

  1. S2-2023-452678-abstract.pdf  
  2. S2-2023-452678-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-452678-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-452678-title.pdf