Konsekuensi Motivasi Psikologis Pada Aplikasi Pesan Instan Telegram Di Indonesia
ALIA ULFAH ROSYIDAH, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M., Sc.
2023 | Tesis | Magister ManajemenRiset ini bertujuan untuk menguji motivasi psikologis yang meliputi hiburan, hubungan sosial, dan informasi pada sikap terhadap penggunaan Telegram di Indonesia yang pada akhirnya akan mempengaruhi getok tular positif. Selain itu penelitian ini juga menguji pengaruh kepercayaan pada sikap dan getok tular positif. Strategi riset yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif dan survei sebagai alat untuk memperoleh data primer. Metode penyampelan menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah sebanyak 180 sampel. Responden adalah konsumen aktif menggunakan Telegram dalam tiga bulan terkahir serta berusia 15 sampai 39 tahun. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat SMART-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga variabel motivasi psikologis hanya hiburan dan hubungan sosial yang berpengaruh positif pada sikap. Informasi tidak memiliki pengaruh pada sikap. Kepercayaan terbukti berpengaruh positif pada sikap dan getok tular positif. Selain itu, sikap juga terbukti memiliki pengaruh positif pada getok tular positif.
This research aims to test the psychological motivations including entertainment, sociability, and information and its attitude towards the use of Telegram in Inddonesia that will lead to positive word of mouth. Furthermore, this research also tests the role of trust on attitude and positive word of mouth. This research is a quantitative study and uses survey as the tool to get the primary data. Sampling method in this research is non-probability sampling and is using purposive sampling technique. Sample size that is used in this research equals to 180 samples. The respondents on this research are an active Telegram user at least for the past 3 months, and aged between 15 to 39 years old. Data analysis on this study is using Structural Equation Modeling (SEM) that runs on SMART-PLS. The result shows that between the three psychological motivations, only entertainment and sociability has positive effect on attitude. Information shows that is does not effect the attitude. Trust is proven to have positive effect on attitude and positive word of mouth. Furthermore, attitude is also proven to have positive effect on positive word of mouth.
Kata Kunci : Motivasi psikologis, hiburan, hubungan sosial, informasi, kepercayaan, sikap, dan getok tular positif