Analisis Pengembangan Pasar Pada PT BEI di Industri PLTS
Ajie Satriya Pratama, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.,
2023 | Tesis | Magister ManajemenPT Bukit Energi Investama (BEI) merupakan perusahaan investasi energi yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan yaitu solar pv atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang beralamat di Kuningan, Jakarta. Industri PLTS semakin menarik dan banyak diimplementasikan yang didukung karena visi perwujudan energi bersih green energy oleh pemerintah melalui target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025 mendatang. Persaingan yang ketat pada industri PLTS ini membuat PT BEI menyadari akan besarnya peluang yang ada di industri ini. Perusahaan yang masih berjalan efektif selama 2 tahun ini, mampu menghadapi persaingan yang terjadi secara maksimal bila dapat memperluas pangsa pasarnya supaya dapat unggul di industri PLTS. Teknik analisis yang digunakan yaitu matriks IFE, EFE, IE dan QSPM. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis strategi masuk pasar yang tepat bagi PT BEI untuk dapat menerapkan strategi pengembangan pasar di industri PLTS. Hasil penelitian ini yaitu teridentifikasinya faktor internal dan eksternal dari lingkungan bisnis perusahaan serta alternatif strategi masuk pasar yang tepat bagi perusahaan. Didapatkan hasil perhitungan nilai IFE sebesar 2,499 dan nilai EFE sebesar 3.109. Dalam kuadran matriks IE, perusahaan terletak pada fase tumbuh dan berkembang (grow and build). Sehingga melalui matriks QSPM, alternatif strategi masuk pasar terbaik bagi perusahaan yaitu PT BEI bergerak sebagai distributor solar panel dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 5,929. Hasil yang didapatkan pada analisis yang didapatkan yaitu sebanyak 10 faktor internal dan 10 faktor eksternal. Metode penelitian ini berguna untuk pengembangan pasar melalui pemilihan strategi masuk alternatif strategi.
PT Bukit Energi Investama (BEI) is an energy investment company engaged in the field of new and renewable energy, namely solar pv or Solar Power Plants (PLTS) which is in Kuningan, Jakarta. The PLTS industry is increasingly attractive and has been widely implemented supported by the government's vision of realizing clean green energy through a new and renewable energy mix target of 23% by 2025. The intense competition in the PLTS industry has made PT BEI aware of the huge opportunities that exist in this industry. The company, which has been running effectively for the past 2 years, is able to face the maximum competition when it can expand its market share so that it can excel in the PLTS industry. The analysis technique used is the matrix IFE, EFE, IE and QSPM. The purpose of this research is to analyze the right market entry strategy for PT BEI to be able to implement a market development strategy in the PLTS industry. The results of this study are the identification of internal and external factors from the company's business environment as well as alternative market entry strategies that are appropriate for the company. The results of the calculation of the IFE value were 2.499 and the EFE value was 3.109. In the IE matrix quadrant, the company is in the growth and build phase. So that through the QSPM matrix, the best alternative market entry strategy for companies, namely PT BEI, is engaged as a distributor of solar panels with a Total Attractiveness Score (TAS) of 5.929. The results obtained in the analysis obtained are as many as 10 internal factors and 10 external factors. This research method is useful for market development through the selection of alternative entry strategies.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan Pasar, Alternatif Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks QSPM / Market Development Strategy, Alternative Strategy, IFE Matrix, EFE Matrix, QSPM Matrix