Evaluasi Keefektifan Pelaksanaan Program Siap Antar Pesanan Anda (SAPA) di Alfamart Kantor Cabang Manado
GIFFAR MASABIH, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.,
2022 | Tesis | Magister ManajemenPT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk adalah sebuah perusahaan yang memusatkan bisnisnya pada industri ritel minimarket di Indonesia. Dalam perkembangannya, PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk berkembang melalui akuisisi dan pembentukan perusahaan baru untuk meningkatkan daya saing dan mengembangkan jangkauannya pada industri sambil tetap berpegang teguh pada kompetensi utamanya di industri ritel minimarket. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk membentuk program SAPA atau Siap Antar Pesanan Anda, sebuah program layanan pesan antar berbasis aplikasi yang diluncurkan serentak di 32 kantor cabang di seluruh Indonesia pada tahun 2021 untuk menjawab tantangan industri ritel yang semakin mengarah pada digitalisasi dan kustomisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pada pelaksanaan program SAPA di Alfamart kantor cabang Manado. Alfamart kantor cabang Manado sendiri menutup tahun 2021 dengan peringkat 30 dari 32 cabang pada kinerja program SAPA yang dimonitor melalui Liga SAPA, sebuah alat untuk melacak kinerja program SAPA dari semua kantor cabang Alfamart di Indonesia. Alfamart kantor cabang Manado relatif tertinggal di semua komponen penilaian kinerja program SAPA; STD, rata-rata transaksi konsumen, rata-rata penjualan galon, durasi penyiapan pemesanan, dan durasi pengiriman pesanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan berpedoman pada kerangka evaluasi Rumelt yang memiliki 4 pilar; konsistensi, kesesuaian, keunggulan, dan kelayakan serta penggunaan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman di Alfamart kantor cabang Manado dalam pelaksanaan program SAPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program SAPA di kantor cabang Manado sudah konsisten, sesuai, unggul, dan layak sesuai kriteria kerangka evaluasi Rumelt dengan hambatan utama terletak pada kurangnya SDM untuk pemenuhan toko SAPA, kerusakan alat transportasi, serta kontrol terhadap aplikasi yang menghambat pemenuhan pesanan SAPA. Rekomendasi peneliti pada kantor pusat Alfamart yang menentukan prosedur pelaksanaan SAPA serta Alfamart kantor cabang Manado adalah untuk membuat peraturan baru dalam penambahan jumlah personil toko SAPA yang disesuaikan dengan tingkat transaksi di toko, membuat fitur close order atau temporary close order di aplikasi SAPA toko, membuat pelatihan bagi seluruh kru toko SAPA dalam pengoperasian kendaraan standar pengiriman SAPA, serta mengintensifkan kembali aktivitas re-Grand Opening di wilayah dengan transaksi SAPA terendah di kantor cabang Manado.
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk is a company that focuses its business on the minimarket retail industry in Indonesia. In its development, PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk is growing through acquisitions and forming new companies to increase competitiveness and expand its reach in the industry while still holding on to its core competencies in the mini-market retail industry. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk formed the SAPA, an application-based delivery service program that was launched simultaneously at 32 branch offices throughout Indonesia in 2021 to answer the challenges of the retail industry which is increasingly geared towards digitalization and customization. This study aims to evaluate the implementation of the SAPA program at Alfamart Manado branch office. Alfamart Manado branch office itself closed 2021 with a rating of 30 out of 32 branches on the performance of the SAPA program monitored through Liga SAPA, a tool to track the performance of the SAPA program of all Alfamart branch offices in Indonesia. Alfamart Manado branch office is relatively behind in all components of the performance assessment of the SAPA program; STD, average consumer transactions, average water gallon sales, order preparation duration, and order delivery duration. This study uses a case study qualitative research method using the Rumelt evaluation framework which has 4 pillars; consistency, suitability, excellence and feasibility as well as the use of SWOT analysis to identify strengths, weaknesses, opportunities and threats at Alfamart Manado branch office in implementing the SAPA program. The results of this study indicate that the implementation of the SAPA program at the Manado branch office is consistent, appropriate, superior, and feasible according to the criteria of the Rumelt evaluation framework with the main obstacles being the lack of human resources to fulfill SAPA stores, damage to transportation equipment, and controls on applications that hinder order fulfillment SAPA. The recommendation of researchers at the Alfamart head office that determines the procedures for implementing SAPA as well as the Alfamart Manado branch office is to make new regulations in increasing the number of SAPA store personnel according to the level of transactions in stores, create a close order or temporary close order feature in the SAPA store application, conduct training for all SAPA shop crews in operating standard SAPA delivery vehicles, as well as re-intensifying re-Grand Opening activities in areas with the lowest SAPA transactions at the Manado branch office
Kata Kunci : kerangka evaluasi Rumelt, analisis SWOT, layanan pesan antar