Laporkan Masalah

Pengungkapan Diri Gaming Influencer Ramah Anak Melalui Media Sosial (Analisis Isi Kualitatif Child-friendly Environments dan Self-disclosure dalam Unggahan Instagram dan Video Youtube Miawaug)

MARYA ANGELIKA A M, Dr. Ardian Indro Yuwono, S.IP., M.A.

2023 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Media sosial dalam era komunikasi digital ini marak digunakan oleh masyarakat di Indonesia dan memunculkan influencer, yang satu di antaranya adalah gaming influencers. Gaming influencers merupakan satu di antara pemengaruh yang memiliki pengikut terbesar di Indonesia. Sayangnya, gaming influencers di Indonesia sebagian besar tidak memiliki konten yang ramah anak terlepas dari kemudahan bagi anak-anak untuk mengakses konten tersebut. MiawAug sebagai seorang gaming influencer menyajikan konten yang dapat diterima oleh masyarakat secara luas dari berbagai kalangan usia, khususnya bagi anak-anak. MiawAug juga memiliki konten tentang pengungkapan dirinya yang diunggah melalui media sosial yang ia gunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan ramah anak serta pengungkapan diri MiawAug dalam 17 unggahan Instagram @miawaug pada rentang waktu Agustus 2020 - Agustus 2022 dan 10 vlog YouTube MiawAug yang berkaitan dengan pengungkapan diri MiawAug serta 5 video gaming MiawAug. Penelitian yang menggunakan metode analisis isi kualitatif ini menggunakan dua konsep yaitu child-friendly environments (CFE) serta self-disclosure untuk menganalisis unggahan Instagram dan vlog YouTube MiawAug. Setelah melakukan uji reliabilitas intercoder, unggahan dan vlog yang diteliti diklasifikasikan ke dalam kategori berdasarkan kategorisasi kode. Hasil analisis menunjukkan bahwa MiawAug menunjukkan adanya lingkungan ramah anak dalam unggahan Instagram dan video YouTube pribadinya yang sesuai dengan variabel dalam indikator sosial-fisik CFE. Pada pengungkapan diri, MiawAug juga menunjukkan pengungkapan diri yang baik dan selaras dengan variabel lingkungan ramah anak serta sesua dengan dimensi self-disclosure.

Social media in this era of digital communication is widely used by people in Indonesia and has given rise to influencers, one of which is gaming influencers. Gaming influencers are among the influencers who have the biggest followers in Indonesia. Unfortunately, most gaming influencers in Indonesia do not have child-friendly content apart from the convenience for children to access this content. MiawAug as a gaming influencer presents content that can be accepted by the wider community of various ages, especially for children. MiawAug also has content about his self-disclosure uploaded via the social media he uses. This study aims to determine the child-friendly environment and MiawAug's self-disclosure in 17 @miawaug Instagram uploads in the period August 2020 - August 2022 and 10 MiawAug YouTube vlogs related to MiawAug's self-disclosure as well as 5 MiawAug gaming videos. This research uses qualitative content analysis methods using two concepts, namely child-friendly environments (CFE) and self-disclosure to analyze MiawAug's Instagram uploads and YouTube vlogs. After conducting intercoder reliability tests, the uploaded and vlogs studied were classified into categories based on code categorization. The results of the analysis show that MiawAug shows a child-friendly environment in his Instagram uploads and personal YouTube videos that are in accordance with the variables in the CFE socio-physical indicator. On self-disclosure, MiawAug also shows good self-disclosure and is in harmony with child-friendly environmental variables and according to the self-disclosure dimension.

Kata Kunci : MiawAug, gaming influencer, pengungkapan diri, lingkungan ramah anak, Instagram, YouTube

  1. S1-2023-440163-abstract.pdf  
  2. S1-2023-440163-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-440163-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-440163-title.pdf