Laporkan Masalah

Evaluasi Strategi Bersaing PT Bank Central Asia Tbk

RURI ARUMDATI, Suyanto S.E, M.B.A., Ph.D.

2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Dunia perbankan nasional dituntut untuk selalu melakukan perkembangan positif. PT Bank Central Asia Tbk merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang ingin tetap mengelola manajemen perusahaan agar dapat tetap bertahan dan tetap meraih keuntungan di era persaingan industri yang makin ketat dan maju, terutama persaingan dengan 3 bank besar lain yaitu BRI, Mandiri dan BNI yang termasuk dalam bank BUKU 4. Untuk mencapai tujuannya tersebut tidaklah mudah karena BCA dihadapkan pada persaingan yang semakin ketat. Untuk mengetahui apakah strategi yang telah dijalankan masih sesuai dengan perkembangan perubahan lingkungannya, maka BCA perlu untuk melakukan evaluasi terhadap strategi yang telah dijalankannya. Namun sebelum melakukan evaluasi maka tentunya perusahaan harus melakukan analisa terlebih dahulu terhadap faktor external dan internal perusahaan karena faktor-faktor tersebut akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis lingkungan bisnis yang dilakukan meliputi analisis lingkungan eksternal dengan analisis lingkungan makro (PESTEL) dan analisis persaingan industri (Porters Five Forces) dan lingkungan internal meliputi teknologi, sumber daya dan keuangan. Dari hasil Analisa terhadap faktor eksternal daan internal kemudian peneliti menganalisa posisi perusahaan dengan menggunakan Analisa SWOT untuk mendapatkan kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang yang dihadapi perusahaan. Dari hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa BCA memiliki peluang dan kekuatan yang lebih besar dibandingan dengan kelemahan dan ancamannya di dalam industri perbankan di Indonesia. Strategi utama yang dapat diajukan untuk diterapkan oleh perusahaan yaitu memperkuat layanan berbagai produk secara total solusi yang dapat dijalankan dengan dukungan beberapa alternatif tindakan, sehingga BCA tetap dapat memenangkan persaingan dan meraih keuntungan.

The world of national banking is required to always make positive developments. PT Bank Central Asia Tbk is one of the largest private banks in Indonesia that wants to continue to manage the management of the company so that it can survive and continue to make profits in an era of increasingly fierce and advanced industrial competition, especially competition with 3 other large banks, namely BRI, Mandiri and BNI which is included in the BUKU 4 bank. To achieve this goal is not easy because BCA is faced with increasingly fierce competition. To find out whether the strategy that has been implemented is still in line with the changing environment, BCA needs to evaluate the strategy that has been implemented. However, before conducting an evaluation, of course, the company must first analyze the company's external and internal factors because these factors will influence the company's decision making. The research method used is descriptive qualitative and the data analysis method used is business environment analysis which includes external environment analysis with macro environment analysis (PESTEL) and industry competition analysis (Porter's Five Forces) and internal environment including technology, resources and finance. From the results of the analysis of external and internal factors, the researchers analyzed the company's position using SWOT analysis to get strengths, weaknesses, challenges and opportunities faced by the company. The results of this analysis show that BCA has greater opportunities and strengths compared to its weaknesses and threats in the banking industry in Indonesia. The main strategy that can be proposed to be implemented by the company is to strengthen various product services in a total solution that can be implemented with the support of several alternative actions, so that BCA can still win the competition and gain profits.

Kata Kunci : Strategy, PESTEL, Porter's Five Forces, SWOT Matrix, BCA

  1. S2-2023-452805-abstract.pdf  
  2. S2-2023-452805-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-452805-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-452805-title.pdf