Laporkan Masalah

Analisis Strategi Inovasi Produk Pembayaran Digital di PT Finnet Indonesia

VEBY ANDRIA, Wakhid Slamet Ciptono, M.B A., M.P.M., Ph.D.

2023 | Tesis | Magister Manajemen

Fintech memiliki peran penting terutama dalam meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Revolusi Industri 4.0 memungkinkan transformasi ekonomi modern menjadi lebih inovatif dan meningkatkan produktivitas. Strategi PT Finnet Indonesia mengacu pada kebutuhan pelanggan dengan pengembangan produk atau produk baru dengan mengidentifikasi pelanggan potensial dan solusi masalah pelanggan. Mengidentifikasi strategi bisnis yang tepat membutuhkan analisis dan pemahaman dalam lingkungan bisnis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif. Penelitian kualitatif menggali dan memahami kompleksitas fenomena yang diteliti dan gambaran lengkap terkait dengan strategi inovasi produk pembayaran digital. Beberapa keunggulan dan proposisi nilai yang dimiliki masih memberikan kepercayaan kepada pelanggan untuk menggunakan produknya. Proses pembuatan produk dan layanan dilakukan melalui serangkaian pengujian sebelum produk diluncurkan dan kontrol kualitas diterapkan pada setiap proses untuk meminimalkan kegagalan sistem. PT Finnet Indonesia memiliki sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 27001:2013, dan PCI DSS. Proses bisnis PT Finnet Indonesia diterapkan untuk mencapai tujuan kualitas dan keamanan informasi. Pengujian sistem dilakukan untuk memastikan sistem layak digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil perhitungan SWOT diperoleh titik koordinat terletak pada kuadran kedua (1,09, -0,26) yang berarti perusahaan masih memiliki kekuatan internal meskipun menghadapi ancaman bisnis. Strategi berfokus pada kekuatan internal dengan diversifikasi perlu diterapkan pada layanan keuangan digital untuk memperluas bisnis yang masih berkaitan dengan bisnis inti perusahaan. Strategi ini perlu dilakukan agar dapat menjangkau pasar lebih luas.

Fintech has an important role, especially in increasing financial inclusion and social welfare in Indonesia. Industrial revolution 4.0 enables the transformation of modern economies to become more innovative and increase productivity. PT Finnet Indonesia's strategy refers to customer needs by developing new products to identify potential customers and solve customer problems. Identifying the right business strategy requires analysis and understanding of the business environment. This research was conducted using interpretive qualitative. Qualitative research explores and understands the phenomenon's complexity related to innovative digital payment product strategies. Several advantages and value propositions still give trust to customers to use their products. PT Finnet Indonesia has ISO 9001:2015, ISO 27001:2013, and PCI DSS certification. The product and service manufacturing process is carried out through a series of tests before the product is launched. Quality control is applied to each process to minimize system failure. PT Finnet Indonesia's business processes are implemented to achieve quality and information security goals. System testing is carried out to ensure the system is feasible and can meet user needs. The SWOT calculation results show that the cartesian coordinate is in the second quadrant (1.09, -0.26), which means that the company still has internal strength despite facing business threats. The strategy is to focus on internal strengths with diversification that needs to be applied to digital financial services to expand businesses that are still related to the company's core business. This strategy is carried out to reach a broader market.

Kata Kunci : inovasi produk, pembayaran digital, teknologi keuangan

  1. S2-2023-465154-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465154-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465154-tableofcontent.pdf