FORMULASI MISI, VISI, DAN NILAI PADA CV SEWA GENSET CIREBON INDONESIA
Tubagus D. Achmad, Ely Susanto, S.IP., MBA., Ph.D.
2023 | Tesis | Magister ManajemenPernyataan misi, visi, dan nilai merupakan tahapan pertama perushaaan dalam merumuskan rencana strategik perusahaan kedepanya. perusahaan kecil umumnya belum memiliki pernyataan misi, visi, dan nilai. Ketidakhadiran pernyataan misi , visi, dan nilai dapat membuat perusahaan kesulitan untuk merumuskan rencana strategis perusahaan kedepannya, karena tidak memahami jati diri perusahaan dan arah perusahaan kedepannya. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan pernyataan misi, visi, dan nilai pada CV Sewa Genset Cirebon Indonesia sebagai langkah awal perusahaan dalam menentapkan langkah perusahaan kedepannya . CV Sewa Genset Cirebon Indonesia dalam 10 tahun terakhir beroprasi belum memiliki pernyataan misi, visi, dan nilai. Penulis bersama partisipan terpilih merumuskan pernyataan misi,visi, dan nilai menggunakan konsep penelitian Campbell & Yeung (1991) dengan framework ashridge mission model dan penelitian yang dikembangan Morris (1996) untuk perumusan misi. Sedangkan untuk perumusan visi penulis menggunakan penelitian yang dikembangkan oleh Collins & Porras (1996) dengan framework articulating a vision dan penelitian Lipton (1996). Tahapan dalam perumusan misi , visi, dan nilai menggunakan penelitian yang dikembangkan oleh Srinivasan (2014) dengan wawancara mendalam dan diskusi terfokus bersama lima partisipan terpilih dalam menentukan pernyataan misi , visi, dan nilai yang tepat bagi perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah pernyataan misi,visi, dan nilai yang tepat bagi perusahaan dengan harapan dapat membantu perusahaan dalam membuat rencana strategik dan motivasi bersama perusahaan.
The statement of mission, vision, and values is the first stage of the company in formulating the company's strategic plan in the future. Small companies generally do not yet have a mission, vision, and values statement. The absence of a mission statement, vision, and values can make it difficult for the company to formulate a company's strategic plan in the future, because it does not understand the company's identity and the company's future direction. This research was conducted to formulate a mission statement, vision, and values on the Cirebon Indonesia Generator Rental CV as the company's first step in determining the company's future steps. CV Sewa Genset Cirebon Indonesia in the last 10 years of operation does not yet have a statement of mission, vision, and values. Co-authors of selected participants formulated a mission statement, vision, and values using the research concepts of Campbell & Yeung (1991) with the Ashridge mission model framework and research developed by Morris (1996) for mission formulation. As for the formulation of the author's vision, it uses research developed by Collins & Porras (1996) with a framework a rticulating a vision and Lipton's research (1996). Stages in the formulation of mission, vision, and values using research developed by Srinivasan (2014) with in-depth interviews and focused discussions with five selected participants in determining the right mission statement, vision, and values for the company. The result of this research is the right mission statement, vision, and values for the company in the hope that it can help the company in making strategic plans and motivation with the company.
Kata Kunci : Misi, Visi, Nilai Organisasional