FORMULASI STRATEGIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (SCSR) UNTUK PENCIPTAAN NILAI PADA ODD TECHNOLOGIES (M) SDN BHD (QWORK)
Yudha Rizky Dharmawan, Ely Susanto, S.IP., M.B.A., Ph.D.
2023 | Tesis | Magister ManajemenPerusahaan Qwork merupakan salah satu perusahaan startup yang belum memiliki strategi CSR yang dapat diimplementasikan. Oleh karena itu, formulasi Strategic Corporate Social Responsibility (SCSR) merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk membantu Qwork dalam merencanakan strategi CSR perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan SCSR yang dapat diimplementasikan oleh Qwork dan mengidentifikasi penciptaan nilai yang ingin diwujudkan oleh perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara semi-terstruktur yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai pandangan narasumber terhadap orientasi SCSR yang harus diterapkan, perencanaan dan penempatan CSR dalam perusahaan, manajemen pemangku kepentingan dan penciptaan nilai yang ingin diwujudkan oleh Qwork. Hasil penelitian yang didapatkan adalah orientasi yang SCSR yang ingin diterapkan oleh narasumber berkaitan dengan orientasi strategik, filantropi dan pengembangan keberlanjutan. SCSR yang akan diimplementasikan oleh Qwork dapat didefinisikan sebagai alat untuk mengelola hubungan dengan para pemangku kepentingan, bentuk timbal balik kepada komunitas serta merupakan langkah untuk keberlanjutan bisnis perusahaan. Penempatan dan perencanaan SCSR yang direkomendasikan oleh narasumber telah memenuhi kriteria strategic initiative. Manajemen pemangku kepentingan yang harus diimplementasikan oleh Qwork lebih memprioritaskan terhadap user yang menggunakan jasa perusahaan yaitu komunitas (giggers) dan pelanggan (perusahaan). Nilai yang ingin diciptakan pada pengimplementasian SCSR Qwork adalah nilai sosial dalam bentuk social benefit yaitu pertumbuhan keahlian komunitas dan peningkatan kesempatan kerja yang dapat meningkatkan kualitas hidup komunitas di wilayah operasi bisnis Qwork. Dengan memformulasikan SCSR dan mengidentifikasikan penciptaan nilai yang ingin diwujudkan akan membantu Qwork untuk dapat mengimplementasi SCSR yang menciptakan nilai sosial dalam bentuk social benefit yang ingin diwujudkan.
Qwork is a startup company that does not yet have a CSR strategy that can be implemented. Therefore, Strategic Corporate Social Responsibility (SCSR) formulation is an effort that can be made to assist Qwork in developing the company's CSR strategy. This study aims to formulate SCSR that can be implemented by Qwork and identify the value creation that the company wants to create. The method used in this study was to conduct semi-structured interviews which were used to obtain information regarding the views of the informants on the SCSR orientation that should be implemented, the planning and positioning of CSR within the company, management stakeholders and the value creation that Qwork wants to create. The research results obtained are the SCSR orientation that the informants want to apply related to strategic orientation, philanthropy and sustainable development. The SCSR that will be implemented by Qwork can be defined as a tool for managing relationships with stakeholders, a form of reciprocity to the community and is a step for the company's business continuity. The SCSR placement and planning recommended by the informant met the criteria for strategic initiatives. Stakeholder management that must be implemented by Qwork prioritizes users who use company services, namely the community (giggers) and customers (companies). The value to be created in Qwork's SCSR implementation is social value in the form of social benefits, namely the growth of community skills and increased employment opportunities that can improve the quality of life for communities in Qwork's business operations areas. By formulating SCSR and identifying the value creation that you want to create, it will help Qwork to be able to implement SCSR that creates social value in the form of social benefits that the company want to achieve.
Kata Kunci : formulasi, SCSR, initiative, orientasi, nilai, sosial