Analisis Persepsi Dan Sentimen Wisatawan Dalam Instagram Sebagai Masukan Pengembangan Pantai Klayar Kabupaten Pacitan
NOVI WULANDARI, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.
2023 | Tesis | Magister Kajian PariwisataMedia sosial merupakan salah satu teknologi digital yang berguna sebagai wadah untuk menampung berbagai persepsi wisatawan. Persepsi tersebut dapat berisi informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan lain maupun pemangku kepentingan destinasi parwisata untuk mengambil keputusan dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sentimen wisatawan berdasarkan persepsi di media sosial Instagram mengenai destinasi pariwisata Pantai Klayar Kabupaten Pacitan serta mengidentifikasi respon dan strategi pengelola destinasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara. Data diperoleh dari komentar wisatawan di media sosial Instagram mengenai destinasi pariwisata Pantai Klayar Kabupaten Pacitan. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari akun Instagram @pacitanku selama bulan Juni 2021 hingga Juni 2022. Data persepsi wisatawan selanjutnya diolah menggunakan alat analisis yaitu RStudio dengan bahasa pemrograman R. Hasil yang diperoleh yakni persepsi wisatawan mengenai destinasi Pantai Klayar Kabupaten Pacitan diantaranya terdapat topik Keindahan Alam Pantai Klayar, Akses Menuju Pantai Klayar, Pengalaman Wisatawan, Keinginan Berkunjung Kembali, Kekecewaan, Fasilitas dan Infrastruktur Pantai Klayar. Lebih lanjut, hasil analisis sentimen wisatawan menggunakan aplikasi Rstudio menunjukkan bahwa sentimen wisatawan mengenai Destinasi Pariwisata Pantai Klayar Kabupaten Pacitan di media sosial Instagram adalah cenderujng positif. Namun, selain munculnya emosi Kesenangan (joy) dan Keperercayaan (trust) juga teridentifikasi beragam emosi wisatawan lainnya yakni Kemarahan (anger), Antisipasi (anticipation), Jijik (disgust), Ketakutan (fear), Kesedihan (sadness), dan Terkejut (surprise). Hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa pengelola destinasi pariwisata Pantai Klayar Kabupaten Pacitan melakukan pengamatan dan memberikan perhatian terhadap persepsi wisatawan di media sosial Instagram. Persepsi Wisatawan tersebut selanjutnya dijadikan sebagai salah satu penentu pengambilan kebijakan. Selain itu, pengelola juga berusaha mengatasi berbagai permasalahan wisatawan yang memberikan persepsi negatif mengenai destinasi. Strategi yang dilakukan oleh pengelola destinasi pariwisata Pantai Klayar Kabupaten Pacitan guna mengembangkan destinasi yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan wisatawan dan masyarakat, memberikan pemahaman konten media sosial yang menarik kepada pengelola media sosial, berusaha memenuhan kebutuhan wisatawan dan memanfaatkan partisipasi wisatawan dalam promosi pemasaran Pantai Klayar.
Social media is a digital technology that is useful as a forum to accommodate various tourist perceptions. This perception can contain information needed by other tourists and tourism destination stakeholders to make decisions in the future. This study aims to identify and analyze tourist sentiment based on perceptions on Instagram social media regarding the Klayar Beach tourism destination in Pacitan Regency and identify responses and strategies for destination managers. This type of research is descriptive analysis research using a qualitative approach. The techniques used for data collection in this study were observation and interviews. The data was obtained from tourist comments on Instagram social media regarding the Klayar Beach tourism destination, Pacitan Regency. The data used in this study were obtained from the Instagram account @pacitanku from June 2021 to June 2022. The tourist perception data was then processed using an analysis tool, namely RStudio with the R programming language. The results obtained are tourist perceptions about Klayar Beach destinations, Pacitan Regency, including the topics of Natural Beauty of Klayar Beach, Access to Klayar Beach, Tourist Experience, Desire to Visit Again, Disappointment, Klayar Beach Facilities and Infrastructure. Furthermore, the results of the analysis of tourist sentiment using the Rstudio application show that tourist sentiment regarding the Klayar Beach Tourism Destination, Pacitan Regency on Instagram social media is a positive trend. However, apart from the emergence of emotions of joy and trust, various other tourist emotions were also identified, namely anger, anticipation, disgust, fear, sadness, and surprise. The results of the interviews can be concluded that the manager of the Klayar Beach tourism destination in Pacitan Regency makes observations and pays attention to tourist perceptions on Instagram social media. Tourist perceptions are then used as one of the determinants of policy making. In addition, managers also try to overcome various problems of tourists who give negative perceptions about destinations. The strategy carried out by the Klayar Beach tourism destination manager in Pacitan Regency is to develop the destination by maintaining good relations with tourists and the public, providing an understanding of interesting social media content to social media managers, trying to meet the needs of tourists and taking advantage of tourist participation in Klayar Beach marketing promotions.
Kata Kunci : sentimen, persepsi, pengembangan destinasi, media sosial