Laporkan Masalah

Faktor yang mempengaruhi transformasi digital sektor publik: tinjauan literatur sistematis terhadap tren penelitian tahun 1994-2022

Novianto, Dr. Bevaola Kusumasari, SIP, M.Si

2023 | Tesis | MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

Penelitian ini membahas pelaksanaan transformasi digital di sektor publik dengan sudut pandang yang berbeda dari penelitian sebelumnya. Penelitian sebelumnya membahas beragam pelaksanaan yang berfokus di satu negara dan dari sudut pandang yang berbeda, penelitian ini membahas analisis tren penelitian pada topik tersebut dari tahun 1994-2022. Perkembangan penelitian juga disajikan dalam data visual sehingga dapat menghasilkan pemetaan tema pada topik terkait. Peneliti juga melakukan analisis substansi untuk menemukan model dari literatur yang ada untuk menyusun strategi keberhasilan transformasi digital. Metode dalam penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dan Analisis Konten. Systematic Literature Review digunakan untuk memetakan tren penelitian. Tahapan dimulai dengan mengumpulkan publikasi yang berasal dari scopus, kemudian dilakukan proses skrining berdasarkan kriteria yang telah di tentukan sebelumnya hingga tahap terakhir yaitu ekstraksi data. Visualisasi data menggunakan Bilbioshiny dan Vos Viewer untuk menunjukkan peta tematik dan klusterisasi penelitian. Metode analisis konten digunakan untuk menganalisis substansi dari hasil temuan. Tahapan ini dilakukan dengan membaca secara utuh untuk menemukan hal penting dalam artikel dan menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian transformasi digital di sektor publik mengalami peningkatan dari segi jumlah publikasinya dan jangkauan yang cukup luas dilihat dari asal negaranya. Kemudian, dari pemetaan kata kunci menunjukkan bahwa tema penelitian pada pelaksanaan transformasi digital di sektor publik cukup beragam. Selain itu, hasil penelitian yang utama ialah model pelaksanaan transformasi digital di sektor publik yang dibagi menjadi empat elemen. Pertama, Elemen eksternal yang terdiri dari pendanaan/modal, dukungan legislatif/politik, kerangka regulasi/hukum, keadaan kahar/force majeure. Kedua, Elemen organisasi yang terdiri dari transformasi sistem pemerintahan/ manajerial, budaya organisasi, pengembangan SDM, kepemimpinan, visi dan strategi (koordinasi, kolaborasi, promosi). Ketiga, Elemen warganegara (Citizen) yang terdiri dari partisipasi dan pemberdayaan, keterampilan dan literasi digital, sosial-demografi. Keempat, Elemen teknologi yang terdiri dari keamanan data, infrastruktur, arsitektur teknologi informasi, interoperabilitas.

This research discusses the implementation of digital transformation in the public sector from a different point of view from previous research. Previous research addressed diverse implementations focused on one country and from different points of view, this study discussed the analysis of research trends on the topic from 1994-2022. Research developments are also presented in visual data so that they can produce theme mapping on related topics. Researchers also conducted substance analysis to find models from existing literature to strategize successful digital transformation. The method in this study uses Systematic Literature Review (SLR) and Content Analysis. Systematic Literature Review is used to map research trends. The stage begins with collecting publications derived from Scopus, then a screening process is carried out based on predetermined criteria to the last stage, namely data extraction. Data visualization uses Bilbioshiny and Vos Viewer to show thematic maps and research clustering. Content analysis methods are used to analyze the substance of the findings. This stage is done by reading as a whole to find the important thing in the article and answer research questions. The results showed that the trend of digital transformation research in the public sector has increased in terms of the number of publications and a fairly wide reach seen from the origin of the country. Then, the keyword mapping shows that the research themes on the implementation of digital transformation in the public sector are quite diverse. In addition, the main research result is the model of implementing digital transformation in the public sector which is divided into four elements. First, external elements consist of funding/capital, legislative/political support, regulatory/legal framework, and force majeure. Second, organizational elements consist of the transformation of government / managerial systems, organizational culture, HR development, leadership, vision, and strategy (coordination, collaboration, promotion). Third, the citizen element consists of participation and empowerment, digital skills and literacy, and socio-demographics. Fourth, Technological elements consist of data security, infrastructure, information technology architecture, and interoperability.

Kata Kunci : Transformasi Digital, Sektor Publik, Systematic Literature Review, Content Analysis, Model

  1. S2-2023-484850-abstract.pdf  
  2. S2-2023-484850-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-484850-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-484850-title.pdf