Laporkan Masalah

Pengaruh Teknologi Inovasi dan Kreativitas Program Pemasaran Pada Kinerja UMKM dengan DImediasi Kapabilitas Jejaring Usaha

MAYA INDRIATIKA, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.,

2023 | Tesis | Magister Manajemen

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh teknologi inovasi dan kreativitas program pemasaran terhadap peningkatan kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah yang dimediasi oleh kapabilitas jejaring usaha. Analisis penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan adanya pengaruh positif teknologi inovasi terhadap peningkatan kinerja UMKM. Penelitian ini diharapkan akan memperoleh hasil yang sama meskipun diterapkan dalam lingkungan yang berbeda. Dengan penambahan kapabilitas jejaring usaha sebagai mediasi, maka diharapkan hasil yang diperoleh akan semakin optimal dan akan semakin memberikan manfaat untuk pengembangan UMKM ke depan. Beberapa hal yang dilakukan UMKM terkait dengan teknologi inovasi, kreativitas program pemasaran serta kapabilitas jejaring usaha diantaranya melakukan penyesuaian produk, desain, kebutuhan konsumen, penggunaan teknologi, pengaturan strategi dalam menciptakan produk, promosi yang menarik, penciptaan pangsa pasar, merek hingga harga produk yang bersaing yang ternyata mampu mendorong peningkatan kinerja UMKM. Peningkatan kerja tersebut terlihat dari pertumbuhan volume penjualan, pangsa pasar, permintaan produk, pelanggan yang pada akhirnya tentunya mendorong pada peningkatan keuntungan.

The purpose of this study was to analyze the effect of technological innovation and marketing program creativity on improving the performance of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) assisted by the Representative Office of Bank Indonesia (KPwBI) in Central Java Province, mediated by the capability of business networks. The analysis of this study is a replication of previous research which shows a positive influence of innovative technology on improving MSME performance. This research is expected to obtain the same results even though it is implemented in a different environment. With the addition of business networking capabilities as mediation, it is hoped that the results obtained will be more optimal. Some of the things that MSMEs do are related to technological innovation, marketing program creativity and business network capabilities such as making product adjustments, designs, consumer needs, using technology, setting strategies in creating products, attractive promotions, creating market share, brands to competitive product prices. turned out to be able to encourage increased performance of SMEs. The increase in work can be seen from the growth in sales volume, market share, product demand, customers which in turn will certainly lead to increased profits.

Kata Kunci : Teknologi, inovasi, kreativitas, pemasaran, jejaring, UMKM, Kapabilitas

  1. S2-2023-452512-tableofcontent.pdf  
  2. S2-2023-452515-abstract.pdf  
  3. S2-2023-452515-bibliography.pdf  
  4. S2-2023-452515-title.pdf