Laporkan Masalah

Analisis Portofolio Produk Pada PT Villa Ternak Indonesia

TAQIYUDDIN AHMAD L, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Analisis portofolio adalah sebuah metode yang dapat mengukur kemampuan bisnis-bisnis yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Analisis ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bisnis-bisnis yang membutuhkan prioritas tinggi, sedang, atau rendah. Pada penelitian ini, analisis portofolio dilakukan pada PT Villa Ternak Indonesia yang berada di Kota Cilegon, Provinsi Banten. PT Villa Ternak Indonesia ini memiliki sembilan unit produk, yaitu Villa Qurban, Villa Aqiqah, Villa Ternak Cikerai, Villa Resto, Villa Preneur, Villa Asri, Villa Feed, Villa Buah, serta Villa Mart. Tujuan dari penelitian analisis portofolio ini adalah untuk menganalisis posisi masing-masing unit produk PT Villa Ternak Indonesia dalam matriks sembilan sel. Selain itu, untuk memberikan rekomendasi strategi pada seluruh unit produk milik PT Villa Ternak Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis matriks sembilan sel dari GE-McKinsey. Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, dan data sekunder diperoleh melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit produk Villa Qurban, Villa Aqiqah, Villa Ternak Cikerai, dan Villa Feed terletak pada kotak yang memiliki tingkat daya tarik industri yang tinggi dan kekuatan kompetitif yang tinggi. Kemudian untuk unit produk Villa Preneur, Villa Asri, Villa Buah, dan Villa Mart berada di kotak dengan tingkat daya tarik industri yang sedang dan kekuatan kompetitif yang tinggi. Untuk unit produk Villa Resto, unit produk ini terletak pada garis perbatasan antara kedua kotak tersebut. Berdasarkan pada matriks sembilan sel, seluruh unit produk PT Villa Ternak Indonesia masuk ke dalam kelompok kotak yang memiliki prioritas tinggi. Hal ini menandakan bahwa seluruh unit produk tersebut merupakan produk-produk unggulan perusahaan. Maka dari itu, strategi yang direkomendasikan untuk seluruh unit produk adalah tetap mempertahankan dan terus mengembangkan dengan cara memaksimalkan investasi dan mengevaluasi potensi kepemimpinan.

Portfolio analysis is a method that can measure the capabilities of the businesses owned by a company. This analysis is conducted with the aim of finding out the businesses require high, medium, or low priority. In this study, portfolio analysis was conducted at PT Villa Ternak Indonesia located in Cilegon City, Banten Province. PT Villa Ternak Indonesia has nine product units, there are Villa Qurban, Villa Aqiqah, Villa Ternak Cikerai, Villa Resto, Villa Preneur, Villa Asri, Villa Feed, Villa Buah, and Villa Mart. The purpose of this portfolio analysis research is to analyze the position of each product unit of PT Villa Ternak Indonesia in a nine-cell matrix. In addition, to provide strategic recommendations for all product units owned by PT Villa Ternak Indonesia. The analytical method used in this study is a nine-cell matrix from GE-McKinsey. This study uses two types of data, there are primary and secondary. Primary data obtained through interviews, and secondary data obtained through literature study. The results showed that the product units for Villa Qurban, Villa Aqiqah, Villa Ternak Cikerai, and Villa Feed are located in squares that have a high level of industrial attractiveness and high competitive strength. Then for the product units Villa Preneur, Villa Asri, Villa Buah, and Villa Mart are in boxes with a medium level of industrial attractiveness and high competitive strength. For the Villa Resto product unit, this product unit is located on the boundary line between the two boxes. Based on the nine-cell matrix, all product units of PT Villa Ternak Indonesia fall into the high-priority box group. This indicates that all of these product units are the company's superior products. Therefore, the recommended strategy for all product units is to maintain and continue to develop by maximizing investment and evaluating leadership potential.

Kata Kunci : Analisis portofolio, unit produk, matriks sembilan sel; Portfolio analysis, product unit, nine cell matrix

  1. S2-2022-465143-abstract.pdf  
  2. S2-2022-465143-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-465143-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-465143-title.pdf  
  5. S2-2023-465143-abstract.pdf  
  6. S2-2023-465143-bibliography.pdf  
  7. S2-2023-465143-tableofcontent.pdf  
  8. S2-2023-465143-title.pdf