Laporkan Masalah

STRATEGI PEMASARAN GENDHIS NATURAL BAGS DALAM PERSPEKTIF PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS

VICKY MELLASARI, Prof. Dr. Lasiyo, M.A., M.M. ; Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum.

2023 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Gendhis Natural Bags dalam Perspektif Prinsip-prinsip Etika Bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis prinsip-prinsip etika bisnis dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Gendhis Natural Bags. Gendhis Natural Bags merupakan perusahaan home industri sejak tahun 2002 yang memproduksi tas berbahan serat alam yang tetap eksis hingga saat ini. Penelitian ini adalah salah satu upaya dalam memahami strategi pemasaran yang didasari dengan prinsip-prinsip etika bisnis di tengah banyaknya persaingan bisnis yang tidak sehat khususnya dalam bisnis fesyen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengenai fenomena aktual yang dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan dan wawancara. Objek formal yang digunakan yakni prinsip-prinsip etika bisnis, sedangkan objek material yang digunakan adalah strategi pemasaran Gendhis Natural Bags. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah persiapan, mengumpulkan data, klasifikasi data, analisis data dan evaluasi kritis. Tahapan analisis hasil yang dilakukan yakni deskripsi, interpretasi, heuristika dan refleksi kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Gendhis Natural Bags yang didasarkan pada prinsip-prinsip yang dianutnya berhasil mendapatkan kepercayaan serta loyalitas pelanggan. Gendhis Natural Bags juga turut berkontribusi dalam kepedulian terhadap lingkungan dengan menghasilkan produk dari bahan yang ramah lingkungan serta berkontribusi dalam membangun kemandirian ekonomi untuk masyarakat sekitar. Etika bisnis memberikan landasan terhadap Gendhis Natural Bags untuk mengedepankan sikap etis dalam melakukan kegiatan bisnisnya, seperti kejujuran dalam menciptakan produk menggunakan bahan yang berkualitas serta dalam mengkomunikasikan produk ketika dipasarkan. Keadilan dalam memberikan kelayakan harga kepada pelanggan serta keuntungan yang diperoleh dapat dirasakan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis.

This research is entitled Gendhis Natural Bags Marketing Strategy in Perspective of Business Ethical Principles. This study aims to describe and analyze the principles of business ethics in the marketing strategy carried out by Gendhis Natural Bags. Gendhis Natural Bags is a home industry that was established in 2002, producing bags made from natural fiber and still exist until today. This research is one of the efforts to understand marketing strategy based on the principles of business ethics in the midst of unfair business competition in the fashion business. This research uses a qualitative approach based on actual phenomena with literature and interview sources. Business ethics is the perspective used in this study and the marketing strategy of Gendhis Natural Bag is the problem being studied. The stages carried out in this study were preparation, collecting data, data classification, analyzing data and critical evaluation. The result analysis stage is in the form of description, interpretation, heuristics, and critical reflection. The result of this research show that the marketing strategy of Gendhis Natural Bags is based on the principles it adheres has succeeded in gaining customers trust and loyalty. Gendhis Natural Bags also contributes to concern for the environment by producing products from environmentally friendly materials and economic independence for the people around them. Business ethics provide the basis for Gendhis Natural Bags to promote ethical attitudes in carrying out its business activities, such as honesty in creating products using quality materials and in communicating products when marketed. Fairness in providing price eligibility to customers and the benefits obtained can be felt by all parties involved in business activities.

Kata Kunci : prinsip etika bisnis, strategi pemasaran, Gendhis Natural Bags.

  1. S1-2023-426799-title.pdf