Laporkan Masalah

The Role of Sense of Belongingness on Retention Among Millennials During Job Hopping Phenomenon

TALISHA POETI ALYANI, Indrayanti, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog

2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Job hopping adalah fenomena yang banyak dilakukan oleh generasi millennial, yang mana perilaku ini mengakibatkan juga intensi rendah untuk bertahan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dampak dari aspek sense of belongingness yaitu valued involvement dan fit yang akan mempengaruhi intensi karyawan untuk retensi. Dengan total 130 partisipan berumur 22-42 tahun (perempuan=73, laki-laki=57) yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini dengan mengisi kuesioner daring. Dua skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Sense of Belonging Instrument-Psychological (SOBI-P) untuk mengukur sense of belongingness dari karyawan dan Employee Retention Scale yang digunakan untuk mengukur intensi karyawan untuk retensi Path Coefficient Analysis digunakan untuk menguji pengaruh antara dua variabel, dengan menggunakan PLS-SEM dan diuji signifikansinya melalui bootstrapping. Hasil menunjukkan bahwa dengan beta value 0.361 dan p-value dibawah 0.001, sense of belongingness dari karyawan generasi milenial dengan aspek didalamnya yaitu valued involvement dan fit mempengaruhi intensi karyawan milenial untuk retensi secara langsung seperti yang diprediksi.

Job hopping is a phenomenon which is mainly done by the millennial generation. This behavior resulted in a low intention of retention. This study is aimed to see the effect of valued involvement and fit as the aspects of a sense of belongingness that will affect employees� intention to be retained at work. A total of 130 participants aged 22-42 (female=73, male=57) participated in this study by completing online questionnaires. Two scales were used in this study: The sense of Belonging Instrument-Psychological (SOBI-P) to measure employees� sense of belongingness and the Employee Retention Scale to mention the intention of retention among employees. Path coefficient analysis was done to examine the causal and effect relationship between both variables, using the PLS-SEM algorithm and tested for its significance using bootstrapping. Results showed that with the beta value of 0.361 and P value below 0.001, the sense of belongingness of millennial employees with aspects that included, valued involvement and fit, affected the work retention intention of employees directly, as expected.

Kata Kunci : employee retention, job hopping, millennials, sense of belongingness, work retention

  1. S1-2023-44324-Bibliography.pdf  
  2. S1-2023-444324-Abstract.pdf  
  3. S1-2023-444324-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444324-Title.pdf