Laporkan Masalah

UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN "LAILU AL-HIYARI" DALAM ANTOLOGI CERPEN HIKAYATU TABIBIN KARYA NAJIB AL-KAILANI: ANALISIS STRUKTURAL

ABDURRAHMAN SABILI R, Hamdan, S.S., M. A.

2023 | Skripsi | S1 SASTRA ARAB

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen "Lailu al-Hiyari" karya Najib al-Kailani dalam antologi cerpen Hikayatu Tabibin dan makna yang dihasilkan dari keterkaitan unsur yang ada di dalamnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural dengan menggunakan metode penelitian analisis struktural. Unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen ini adalah karakter, alur, latar, tema, judul, sudut pandang serta keterkaitan antar unsur. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat diketahui bahwa dalam cerpen ini terdapat karakter utama dan karakter tambahan. Karakter utama adalah Rasyidah, sedangkan karakter tambahan yang terdapat di dalam cerita adalah Dokter, Ummu Rasyidah, 'Abdu al-'Al, dan Mahir. Adapun alur yang digunakan dalam cerita ini adalah alur yang kronologis, yaitu alur yang berjalan maju. Latar tempat dalam cerita ini terjadi di kota Giza, Mesir yang meliputi klinik, kantor 'Abdu al-'Al, rumah Abdu al-'Al, rumah Mahir, sekolah Rasyidah, London, masjid, tepi sungai, rumah bibi Rasyidah, Eropa, dan apartemen Mahir yang seram. Sedangkan latar waktu dalam cerita ini adalah pagi hari, siang hari, sore hari, hari Jumat, dan tiga tahun kemudian. Tema yang terdapat dalam cerpen ini adalah pentingnya kasih sayang orang tua pada kesehatan jiwa anak. Judul cerpen ini adalah Lailu al-Hiyari" yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti "Malam Keraguan". Judul cerpen tersebut mengacu pada malam di mana Rasyidah merasa bimbang terhadap perbuatannya kepada Umm Rasyidah. Sudut pandang yang digunakan dalam cerita ini adalah sudut pandang orang ketiga tidak terbatas. Setiap unsur intrinsik memiliki keterkaitan satu sama lain, hal ini dapat dilihat dari tema yang terdapat dalam cerita yang memiliki keterkaitan dengan karakter, judul, dan alur, serta judul yang memiliki keterkaitan dengan kondisi karakter.

This study tries to identify the intrinsic elements contained in the short story "Lailu al-Hiyari" by Najib al-Kailani in the short story anthology Hikayatu Tabibin and the meanings derived from the interrelationships between the elements in it. The theory used in this research is structural theory and the method is using structural analysis. The intrinsic elements contained in this short story are the characters, plot, setting, theme, title, point of view and interrelationships between elements. Based on the analysis carried out, it can be seen that in this short story, there are main characters and additional characters. The main character is Rasyidah, while the additional characters in the story are Doctor, Umm Rasyidah, 'Abdu al-'Al, and Mahir. The plot used in this story is a chronological plot, namely the plot that goes forward. The setting in this story takes place in the city of Giza, Egypt which includes a clinic, 'Abdu al-Al office, Abdu al-Al house, Mahir's house, Rasyidah's school, London, a mosque, riverside, Rasyidah's aunt's house, Europe, and Mahir's spooky apartment. While the time setting in this story is in the morning, afternoon, evening, Friday, and three years later. The theme in this short story is the importance of parental love for children's mental health. The title of this short story is "Lailu al-Hiyari" which in English means "Night of Doubt". The title of the short story refers to the night when Rasyidah was worried about what she had done to Umm Rasyidah. The point of view used in this story is third person. Each intrinsic element is related to one another, this can be seen from the themes contained in the story which are related to the character, title, and plot, as well as the title which is related to the character's condition.

Kata Kunci : "Lailu al- Hiyari", analisis struktural, Najib al-Kailani, unsur- unsur intrinsik. / "Lailu al-Hiyari", structural analysis, Najib al-Kailani, intrinsic elements.

  1. S1-2023-394751-abstract.pdf  
  2. S1-2023-394751-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-394751-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-394751-title.pdf