Laporkan Masalah

Pengembangan Minuman Bubble Tea - Xi Bo Ba Kakao Series dengan Pendekatan Quality Function Deployment

CHIERLY ARDEVICIA, Makhmudun Ainuri; Novita Erma Kristanti

2023 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Pada saat ini, sudah banyak industri minuman bubble tea yang mengalami perkembangan. Minuman boba adalah jenis minuman seperti susu segar atau teh susu yang ditambahi dengan boba atau bola-bola hitam yang terbuat dari tapioka. Salah satu gerai minuman bubble tea di Indonesia adalah Xi Bo Ba. Xi Bo Ba adalah sebuah brand yang menyajikan minuman boba (bubble tea) untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pemilihan nama Xi Bo Ba terinspirasi dari kata "Xi Yue" yang berarti kebahagiaan. Pengembangan minuman bubble tea - Xi Bo Ba dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). QFD adalah sebuah tool manajemen yang sangat efektif, berdasarkan ekspektasi konsumen, yang umum digunakan untuk mengendalikan proses pengembangan produk atau mengembangkan jasa dalam sebuh industri. Kemudian, dilakukan uji sensoris guna untuk mengetahui formulasi yang diinginkan oleh konsumen Hasil akhir dari penelitian ini berupa: (1) Kebutuhan konsumen terhadap atribut produk minuman bubble tea terbagi dalam tiga kelompok yaitu produk, kemasan, dan harga; (2) Konsep produk yang didapatkan yaitu boba kenyal dengan minuman rasa coklat. Formulasi boba terpilih oleh konsumen adalah 32% tepung tapioka, 25% nutrijel, 17% gula pasir, dan 26% air hangat. Sedangkan formulasi minuman terpilih konsumen adalah 10% bubuk coklat, 16% gula pasir, 12% susu UHT, 2% krimer, dan 60% air hangat. Rasio untuk boba, minuman, dan es adalah 1:3:2; (3) Kebutuhan teknis yang didapatkan yaitu harga berkisar antara Rp15.000-Rp20.000 yang memiliki hubungan kuat dengan berbagai ukuran kemasan, rasa produk, kemasan berukuran 16 oz atau 470, serta harga sesuai dengan kantong pelajar/mahasiswa; dan (4) Kinerja produk akhir yang didapatkan adalah minuman boba dengan warna dan aroma coklat yang kuat serta rasa coklat yang sedikit pahit. Karakteristik boba yang diinginkan konsumen adalah boba yang memiliki tekstur kenyal. Kemasan yang diinginkan konsumen adalah kemasan yang bervariasi sehingga. Usulan perbaikan yang diberikan yaitu mengubah formulasi yang sudah ada dengan formulasi terpilih oleh konsumen. Desain kemasan dapat diperbarui untuk menambahkan logo Xi Bo Ba dan melakukan variasi ukuran kemasannya.

At this time, many bubble tea beverage industries have developed. Boba drink is a type of drink such as fresh milk or milk tea added with boba or black balls made from tapioca. One of the bubble tea outlets in Indonesia is Xi Bo Ba. Xi Bo Ba is a brand that serves boba (bubble tea) drinks for all Indonesian people. The choice of the name Xi Bo Ba was inspired by the word "Xi Yue" which means happiness. The development of bubble tea drink Xi Bo Ba is carried out using the Quality Function Deployment (QFD) method. QFD is a very effective management tool, based on customer expectations, which is commonly used to control the product development process or develop services in an industry. Then, a sensory test is carried out in order to find out the formulation desired by consumers. The final results of this study are: (1) Consumer needs for bubble tea beverage product attributes are divided into three groups, namely product, packaging, and price; (2) The product concept obtained is chewy boba with chocolate flavored drink. The boba formulation chosen by consumers is 32% tapioca flour, 25% nutrijel, 17% granulated sugar, and 26% warm water. Meanwhile, the beverage formulation chosen by consumers is 10% cocoa powder, 16% granulated sugar, 12% UHT milk, 2% creamer and 60% warm water. The ratio for the weight of the drink, and ice is 1:3:2; (3) The technical requirements obtained are prices ranging from IDR 15,000-IDR 20,000 which have a strong relationship with various packaging sizes, product flavors, 16 oz or 470 packaging sizes, and prices according to student/student pockets; and (4) The performance of the final product obtained is a boba drink with a strong chocolate color and aroma and a slightly bitter chocolate taste. The characteristic of boba that consumers want is boba which has a chewy texture. The packaging that consumers want is packaging that varies. The proposed improvements are to change the existing formulations with the formulations selected by consumers. The packaging design can be updated to add the Xi Bo Ba logo and vary the package sizes.

Kata Kunci : Bubble Tea, Xi Bo Ba, Quality Fuction Deployment

  1. S1-2023-429141-abstract.pdf  
  2. S1-2023-429141-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-429141-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-429141-title.pdf