Laporkan Masalah

KONFLIK SOSIAL DALAM CERPEN "YAQINU AL-MASAKINI" DALAM ANTOLOGI CERPEN AHLU AL-HAYYI KARYA YUSUF ZAIDAN: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA

Nur Fidiatusholikhah, Dr. Arief Ma'nawi, S.S., M.Hum.

2023 | Skripsi | S1 SASTRA ARAB

Yusuf Zaidan merupakan seorang sastrawan yang berasal dari Mesir yang telah menghasilkan banyak karya sastra, salah satunya adalah antologi cerpen Ahlu al-Hayyi. Di dalam antologi tersebut terdapat empat belas judul cerpen, salah satunya yang akan diteliti adalah cerpen “Yaqinu al-Masakini”. Untuk memahami cerpen tersebut dilakukan dengan pendekatan sosiologi sastra, yaitu penelitian atau analisis terhadap karya sastra dengan mempertimbangkan keterlibatan struktur sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konflik sosial yang terdapat di dalam cerpen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural dan teori sosiologi sastra dengan metode deskriptif analitik. Berdasarkan analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa tokoh utama dalam cerpen ini adalah Fadi. Tokoh tambahan dalam cerita ini adalah orang tua Fadi, Al-Bardaqusy, para pemuda, Sami Khalil, Mido, dan para tetangga. Latar tempat dalam cerita ini adalah di flat Fadi dan rumah Fadi. Latar waktu pada cerpen ini adalah siang dan malam hari. Latar sosial dalam cerpen ini adalah masyarakat miskin yang mudah terprovokasi dengan berita hoaks dan masyarakat komunal yang sering berkumpul dan memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Konflik sosial dalam cerpen ini adalah persoalan berita hoaks atau isu yang berkembang secara liar di dalam masyarakat. Isu tersebut adalah Fadi menemukan sebuah guci tua yang berisi harta karun. Akibat dari konflik sosial ini adalah memancing rasa iri orang-orang dan mendorong orang-orang melakukan tindakan anarkis. Dimulai dengan menyusun rencana untuk menyerang rumah Fadi hingga menyebabkan runtuhnya rumah-rumah mereka dan jatuhnya banyak korban. Pada akhirnya orang-orang mengetahui bahwa isu yang berkembang di masyarakat tersebut tidak terbukti.

Yusuf Zaidan is an Egyptian writer. As a writer, he has produced many literary works. One of those is the anthology of short stories Ahlu al-Hayyi. In this anthology, there are fourteen short stories. One of those will be researched is short story "Yaqinu al-Masakini". To understand the short story, a sociology of literature approach is used. It is research or analysis of literary works by considering the involvement of their social structure. This study aims to reveal the social conflict contained in the short story. The theory used in this research is structural theory and sociology of literature theory with analytic descriptive method. Based on the analysis, it concluded that the main character in this short story is Fadi. Additional characters in this story are Fadi's parents, al-Bardaqusy, the youths, Sami Khalil, Midol, and neighbors. The settings in this story are Fadi's flat and Fadi's house. The time settings in this short story are day and night. The social backgrounds in this short story are poor people who are easily provoked by rumor and communal people who often gather and have a connection with one and another. The social conflict in this short story is about a rumor that develops wildly in society. The rumor is about Fadi who found an old jar filled with treasure. As the result, social conflict in this short story is provocation of envious people. They encouraged peoples to commit anarchist acts. They began to plan an attack on Fadi's house. It destroyed their houses and caused many victims. In the end, peoples know that the rumor is hoax.

Kata Kunci : Yaqinu al-Masakini, Yusuf Zaidan, konflik sosial, sosiologi sastra

  1. S1-2023-378521-abstract.pdf  
  2. S1-2023-378521-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-378521-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-378521-title.pdf