Laporkan Masalah

Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen “Ba`i‘u Al-Masabihi” dalam Antologi Cerpen Al-‘Alya`u Karya ‘Alya` ‘Abd Al-Bari: Analisis Struktural

AISYAH ROSITA K, Abdul Jawat Nur, S.S., M.Hum.

2023 | Skripsi | S1 SASTRA ARAB

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan unsur-unsur intrinsik yang membangun cerpen “Bā`i‘u Al-Maṣābīḥi” dalam antologi cerpen Al-‘Alyā`u karya ‘Alyā` ‘Abd Al-Bārī dan keterkaitan antarunsur intrinsik yang ada di dalamnya dalam menghasilkan makna. Unsur-unsur yang diteliti meliputi penokohan, alur, tema, judul, dan sudut pandang. Seluruh unsur tersebut dianalisis menggunakan teori struktural dan metode analisis struktural. Berdasarkan analisis cerpen, dapat diketahui bahwa tokoh utama dalam cerpen ini adalah Aḥmad. Adapun tokoh tambahan dalam cerpen ini adalah seorang anak pembeli lampu, istri Aḥmad, anak-anak Aḥmad, Khālid, pekerja toko seberang, pemilik toko seberang, ayah anak pembeli lampu, dan sopir. Alur yang digunakan dalam cerpen ini adalah alur progresif. Latar tenpat dalam cerpen ini adalah toko milik Aḥmad, rumah Aḥmad, toko seberang, rumah nenek, di mobil, dan Pameran Rahasia Laut. Latar waktu dalam cerpen ini adalah setiap hari, seminggu setelah toko seberang buka, setengah bulan setelah toko seberang buka, setelah makan malam, Idul Fitri, sebulan setelah dari Pameran Rahasia Laut, dan bertahun-tahun kemudian setelah toko Aḥmad dibuka dengan suasana baru. Adapun latar sosial dalam cerpen ini, yaitu ditunjukkan dengan panggilan orang-orang kepada Aḥmad yang membuat dia sudah terbiasa bahwa dia adalah penjual lampu serta kebiasaan hidup masyarakat yang suka membeli sesuatu yang baru. Tema cerpen ini adalah bahwa dalam persaingan usaha membutuhkan kreativitas dan inovasi agar usaha dapat berjalan lancar hingga akhirnya sukses. Judul cerpen ini relevan terhadap tokoh utama dan isi cerita. Cerpen ini diceritakan dengan sudut pandang orang ketiga tidak terbatas. Unsur-unsur intrinsik dalam cerpen ini memiliki keterkaitan sehingga membentuk makna yang utuh.

This research aims to reveal the intrinsic elements that build explain the short story “Bā`i‘u Al-Maṣābīḥi” in anthology of Al-‘Alyā`u by ‘Alyā` ‘Abd Al-Bārī and the interrelationship between intrinsic elements that are in it in producing meaning. The intrinsic elements studied include characterizations, plot, setting, theme, tittle, and point of view. All of these were analyzed using structural theory and structural analysis methods. Based on analysis conducted, it could be seen that the main character in this short story is Aḥmad. The additional characters in this story are a child buying lamp, Aḥmad's wife, Aḥmad's children, Khālid, opposite shop worker, opposite shop owner, father son lamp buyer, and driver. The plot is progressive plot. The place setting in Aḥmad's shop, Aḥmad's house, opposite shop, grandma's house, in the car, and the Sea Secrets Exhibition. The time setting in this story is every day, a week after the opposite shop opens, half a month after the opposite shop opens, after dinner, Idul Fitri, a month after from the Sea Secrets Exhibition, and years after Aḥmad's shop opens with a new atmosphere. The social setting in shown people's calls to Aḥmad which made him used to that he was a lamp seller and living habits of people wholike to buy something new. The theme is that in business competition requires creativity and innovation so that the business can run smoothly and ultimately be successful. The title relevant to the main character and the contents of the story.This short story is told in the third person-unlimited. The intrinsic elements in this short story has relations to produce a complete meaning of the story.

Kata Kunci : cerita pendek, “Ba`i‘u al-Masabihi”, ‘Alyā` ‘Abd al-Bari, analisis struktural.

  1. S1-2023-415019-abstract.pdf  
  2. S1-2023-415019-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-415019-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-415019-title.pdf