Digital Divide Implications Towards The Learning Process of Public Policy and Management Students of Universitas Gadjah Mada
PRIETO GOEY V A, Dr. Yuyun Purbokusumo
2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan proses pembelajaran di Departemen Kebijakan dan Manajemen Publik Universitas Gadjah Mada akibat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 mengubah proses pembelajaran dari perkuliahan tatap muka menjadi perkuliahan daring yang sudah dilaksanakan hampir 2 tahun, perubahan metode pembelajaran dibatasi oleh Universitas Gadjah Mada melalui kebijakan yang diumumkan oleh Rektor. Surat Edaran No. 1604/UN1.P/HKL/TR/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penyebaran COVID-19 di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Berangkat dari kondisi penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesenjangan digital yang terjadi pada Mahasiswa Kebijakan Publik dan Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta implikasinya terhadap proses pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat menambah literature review mengenai kondisi kesenjangan digital pada Mahasiswa Kebijakan Publik dan Manajemen Universitas Gadjah Mad serta dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi Universitas dan kementerian terkait dalam mengatasi kesenjangan digital dan dampaknya terhadap proses pembelajaran bagi siswa. Untuk mencapai tujuan penelitian, metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi kesenjangan digital yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Mahasiswa Kebijakan Publik dan Manajemen angkatan 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan digital pada Mahasiswa Kebijakan Publik dan Manajemen di aspek internet, ketahanan proses pembelajaran online hingga tingkat pemahaman dalam proses pembelajaran yang berbeda-beda. Kesenjangan digital berdampak pada motivasi belajar dan penurunan rasa percaya diri yang dapat berujung pada depresi. Penelitian ini juga menyajikan implikasi bahwa Mahasiswa Kebijakan Publik dan Manajemen telah mampu beradaptasi dengan pembelajaran daring karena mampu mengembangkan kemampuan belajarnya sendiri.
This research was motivated by changes in the learning process at the Department of Public Policy and Management at University of Gadjah Mada due to the Covid-19 pandemic. The Covid-19 pandemic changed the learning process from face-to-face lectures to online lectures which have been carried out for almost 2 years, the change of the learning method were limited by the University of Gadjah Mada through a policy announced from the Chancellor's Circular No. 1604/UN1.P/HKL/TR/2020 concerning Preparedness and Prevention and Spread of COVID-19 in University of Gadjah Mada environment. Departing from these research conditions, this study aims to determine the condition of the digital divide that occurs in Public Policy and Management Students of the Faculty of Social and Political Sciences and the implications for student learning processes. This research is expected to add to the literature review on the condition of the digital divide in Public Policy and Management Students, University of Gadjah Mad and can be used as evaluation material for the University and related ministries in overcoming the digital divide and its impact on the learning process for students. In order to achieve the research objectives, the methodology used in this research is descriptive qualitative which aims to describe the condition of the digital divide that occurs. The data collection technique carried out by the authors was obtained through in-depth interviews with Public Policy and Management Students batch 2017, 2018, 2019, 2020 and 2021. The results showed that there is still a digital gap in Public Policy and Management Students in the internet aspect, the resilience of the online learning process to the level of understanding in different learning processes. The digital gap has an impact on learning motivation and decreased self-confidence which can lead to depression. This research also presents the implication that Public Policy and Management Students have been able to adapt to online learning because they can develop their own learning abilities.
Kata Kunci : Digital Divide; E-learning; Distance Learning; Motivation; Learning Process.