Penentu Niat Pembelian Makanan Organik di Indonesia
IGOR IGNACIO DARBY, Ibu Sari Winahjoe Siswomihardjo, Dr., M.B.A.
2023 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menguji faktor penentu niat pembelian makanan organik di Indonesia. Riset ini terdiri dari beberapa variabel yang berasal dari teori perilaku terencana. Strategi riset yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dan survei sebagai alat untuk memperoleh data primer. Metode penyampelan data adalah non-probability dengan menggunakan teknik purposive sampling. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 210 sampel. Responden adalah orang yang berusia minimal 18 tahun den berdomisili di Pulau Jawa, Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat SMART-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan norma subjektif dan sikap terhadap makanan organik berperngaruh pada niat pembelian. Kesadaran lingkungan, konsumsi sehat dan norma subjektif berpengaruh positif pada sikap terhadap makanan organik. Pada akhirnya, menggunakan hasil penelitian ini, merupakan pemahaman yang baik tentang mengapa individu berniat melakukan pembelian makanan organik, terutama di Indonesia
This study aims to examine the antecedents of intention to purchase organic food in Indonesia. This research consists of some variabels derived from the theory of planned behaviour. Research strategy on this study is quantitative method with survey as a data collection tool. The data sampling method is non-probability using purposive sampling technique. The sample size is 210 respondents. Respondents are people who are at least 18 years old and domiciled in Java, Sumatra, Bali and Nusa Tenggara. Data analysis using Structural Equation Modelling (SEM) that is run by SMART-PLS. The results of this study show that subjective norms and attitudes towards organic foods are based on purchase intentions. Environmental awareness, healthy consumption and subjective norms positively affect the attitude to organic food. Finally, using these results, a better understanding of why individuals intend to purchase organic food, especially in Indonesia
Kata Kunci : Teori perilaku terencana, niat pembelian, makanan organik.