Laporkan Masalah

Peran E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Pada Platform Digital Tik-Tok Terhadap Niat Membeli

VIA ENGGAR WIJAYANTI, Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A

2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran eWOM (electronic word of mouth) pada platform digital Tik-Tok terhadap niat membeli mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini survey cross sectional yang disebarkan melalui online. Partisipan dalam penelitian berjumlah 203 mahasiswa yang berusia 18-23 tahun, pengguna e-commerce dan pengguna aktif aplikasi TikTok. Terdapat dua skala yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu skala electronic word of mouth (Thurau, Gwinner, Walsh & Gremler, 2004) dan theory of planned behavior (TPB) (Ajzen, 2005). Data dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Dari penelitian ini diperoleh nilai koefisien R sebesar 0,806 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 (P < 0,05) dan nilai R² sebesar 0,650 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel electronic word of mouth berperan terhadap niat membeli.

This study aims to determine the role of eWOM (electronic word of mouth) on the Tik-Tok digital platform on students' buying intentions. The method used in this research is a cross sectional survey distributed online. Participants in the study were 203 students aged 18-23 years, e-commerce users and active users of the TikTok application. There are two scales used in this study, namely the electronic word of mouth scale (Thurau, Gwinner, Walsh & Gremler, 2004) and theory of planned behavior (TPB) (Ajzen, 2005). The data were analyzed using a simple linear regression technique. From this study, the R coefficient value was 0.806 with a significance level of 0.001 (P < 0.05) and an R² value of 0.650 so it can be concluded that the electronic word of mouth variable plays a role in purchase intention.

Kata Kunci : Electronic word of mouth, Niat membeli, Mahasiswa

  1. S1-2023-428008-abstract.pdf  
  2. S1-2023-428008-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-428008-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-428008-title.pdf