Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENJAGA KUALITAS KREDIT BANK PADA MASA PANDEMI COVID19 : STUDI KASUS PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA

RIZKI DERMAWAN, Galang Lufityanto, S.Psi., M.Psi., Ph.D

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Pandemi Covid19 berpengaruh terhadap seluruh aspek ekonomi secara global, tidak terkecuali di Indonesia. Dalam menyikapi kondisi ini perusahaan melakukan efisiensi terhadap operasionalnya bahkan sampai dengan melakukan pengurangan karyawan. Selain itu menurunnya pertumbuhan ekonomi di berbagai industri di Indonesia juga memberikan dampak yang signifikan terhadap beberapa bisnis di Indonesia salah satunya perbankan. Daya beli dan kemampuan membayar yang menurun membuat bisnis perbankan merasakan dampak nyata dari pandemi Covid19. Beberapa perusahaan melakukan efisiensi yang melibatkan strategi manajemen sumber daya manusia. Merujuk pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Hamouche (2021) pandemi Covid19 memberikan dampak pada beberapa aspek strategi manajemen sumber daya manusia di perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kunci keberhasilan Bank BTN yang bergerak di industri keuangan khususnya perbankan di Indonesia dalam menentukan strategi manajemen sumber daya manusia untuk menjaga kualitas kesehatan kredit yang dikelolanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Bank Tabungan Negara. penulis melakukan wawancara eksklusif terhadap 2 narasumber yang terlibat langsung dalam pengelolaan kualitas kredit pada Bank BTN dan seorang narasumber yang terlibat langsung dalam pelaksanaan strategi manajemen sumber daya manusia di divisi human capital. Dengan menggunakan strategi bertahan terhadap lingkungan bisnis yang digeluti oleh perusahaan, Bank BTN mengedepankan aspek keselamatan dan kesejahteraan karyawan saat pandemi Covid19 dengan tidak mengesampingkan risiko yang akan terjadi di masa yang akan datang.

The Covid19 pandemic has affected all aspects of the global economy, including Indonesia. In responding to this condition, the company has made efficiency in its operations, even down to reducing employees. In addition, the decline in economic growth in various industries in Indonesia has also had a significant impact on several businesses in Indonesia, one of which is banking. Declining purchasing power and ability to pay has made the banking business feel the real impact of the Covid19 pandemic. Some companies carry out efficiencies that involve human resource management strategies. Referring to the research conducted by Hamouche (2021), Covid19 Pandemics has affected to several aspect of human resource management strategies of the company. This research was conducted to find out the key to success for Bank BTN, which operates in the financial industry, especially banking in Indonesia, in determining human resource management strategies to maintain the quality of the credit it manages. This study used a qualitative method using a case study research approach at the Bank Tabungan Bank. the author conducted exclusive interviews with 2 informants who were directly involved in managing credit quality at Bank BTN and one Informant who was directly involved in implementing the human resource management strategy in the human capital division. By using a survive strategy in the their business that the company is involved in, Bank BTN prioritizes aspects of employee safety and welfare during the Covid19 pandemic without neglecting the risks that will occur in the future.

Kata Kunci : Strategi manajemen sumber daya manusia, pandemi Covid19, PEST Analysis, Five Forces analysis, kualitas kredit, kualitatif

  1. S2-2022-471204-abstract.pdf  
  2. S2-2022-471204-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-471204-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-471204-title.pdf