Laporkan Masalah

Pengaruh Dukungan Teman Sebaya (Peer Support) Terhadap Penurunan Skor Stres Mahasiswa Praktik Klinik Keperawatan Profesi Ners

POPY, Sri Warsini, S.Kep.,Ns.,M.Kes.,Ph.D;. Martina Sinta Kristanti, S.Kep.,Ns.,M.N.,Ph.D

2022 | Tesis | MAGISTER KEPERAWATAN

Latar Belakang: Mahasiswa keperawatan, baik sarjana maupun pascasarjana, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami stres dibandingkan dengan mahasiswa dari program lain. Stres berkepanjangan yang tidak ditangani akan berpotensi efek negatif. Salah satu intervensi yang untuk menurunkan skor stres pada mahasiswa keperawatan saat praktik klinik adalah memberikan dukungan dari teman (peer support). Peer support berupa hubungan seorang senior (biasanya lebih berpengalaman) yang memberikan dukungan kepada mahasiswa yang junior (yang memiliki pengalaman yang masih terbatas) dengan tujuan mendukung pengembangan pribadi yang positif dalam praktik klinik. Tujuan: Mengetahui pengaruh dukungan teman sebaya (peer support) terhadap penurunan skor stres mahasiswa praktik klinik keperawatan profesi ners. Metode: Desain penelitian menggunakan (pre experimental) one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta, dengan besar sampel 44 responden, dan penelitian berlangsung selama 4 minggu. Skor stres diukur menggunakan instrument perceived stress scale (PSS). Uji yang digunakan uji T berpasangan (Paired T Test). Hasil: Sebelum intervensi peer support mayoritas responden (54,5%) mengalami stres sedang dengan skor mean 76,14, sedangkan setelah intervensi program peer support, mayoritas responden (86,4%) berada pada kategori tidak stres dengan skor mean 35,30. Terdapat penurunan skor stres sebesar 40,84 dengan nilai p 0,000 (< 0,05) dan nilai CI 95% sebesar 38,78 - 42,89. Kesimpulan: Dukungan teman sebaya (peer support) berpengaruh untuk menurunkan skor stres mahasiswa praktik klinik keperawatan profesi ners. Peer support bisa dilanjutkan untuk menjadi salah satu tindakan alternatif yang dapat dilakukan secara mandiri dengan berbagi pengalaman dengan senior alumni profesi ners untuk mengatasi stres. Kata Kunci: peer support, skor stres, mahasiswa, praktik klinik

Background: Nursing students, undergraduate and postgraduate, have a higher risk of experiencing stress compared to students from other programs. Untreated prolonged stress will have potentially negative effects. One of the interventions to reduce stress scores in nursing students during clinical practice is to provide peer support. Peer support is a relationship between seniors (usually more experienced) who provide support to junior students (who usually have limited experience) with the aim of supporting positive personal development in clinical practice. Objective: To identify the effect of peer support on reducing stress scores of clinical nursing practice students in the nursing profession. Methods: The study was a quasi-experimental one-group pretest-posttest design. The study was conducted at the Faculty of Nursing, Muhammadiyah University of Jakarta, with a sample size of 44 respondents, and the research lasted for 4 weeks. Stress scores were measured using the Perceived Stress Scale (PSS) instrument. The test used is a paired T-test. Results: Before the peer support intervention, the majority of respondents (54,5%) experienced moderate stress with a mean score of 76,14, while after the intervention of the peer support program, the majority of respondents (86,4%) were in the non-stress category with a mean score of 35,30. There was a decrease in the stress score of 40,84 with a p-value of 0,000 (<0,05) and a 95% CI value of 38,78 - 42,89. Conclusion: Peer support affects reducing the stress scores of students practicing clinical nursing in the nursing profession. Peer support can continue to be an alternative action that can be carried out independently by sharing experiences with senior alumni of the nursing profession in overcoming stress. Keywords: peer support, stress score, students, clinical practice

Kata Kunci : peer support, skor stres, mahasiswa, praktik klinik

  1. S2-2022-466288-abstract.pdf  
  2. S2-2022-466288-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-466288-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-466288-title.pdf