Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bisnis Dalam Industri Jasa Konsultasi Teknik Dan Konstruksi Studi Pada PT.AIRINDO SEJAHTERA KONSTRUKSI

HARRY MOSMAN, Willy Abdillah, M.Sc., Dr.

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT. Airindo Sejahtera Konstruksi didirikan pada tahun 2021, berdomisili di DKI Jakarta. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa desain, konstruksi, manajemen proyek, dan konsultansi. Menghadapi disrupsi dengan adanya pandemi pada awal tahun 2020 s.d akhir tahun 2021 merupakan tahun yang berat, dengan membaiknya kondisi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat penelitian ini dibuat memperbesar potensi bisnis khususnya dalam pekerjaan konsultasi teknik pada industri di Indonesia yang memerlukan jasa konsultan teknik. Ketatnya persaingan yang terjadi pada pasar tersebut tidak hanya dari harga yang kompetitif melainkan juga sangat tergantung dari kompetensi perusahaan dalam mengikuti teknologi dan perkembangan keilmuannya. Dengan pengalaman yang masih terbilang baru diperlukan analisis dalam menentukan strategi dengan mengidentifikasi faktor eksternal yang mempengaruhi kesuksesan, kekuatan internal perusahaan yang akan mengarah pada improvement strategi. Menggunakan instrument KSF, SWOT & RBV, serta generic strategy pada perusahaan didapatkan kesimpulan faktor kunci sukses yang dimiliki oleh PT. Airindo Sejahtera Konstruksi dan telah diidentifikasi antara lain: (1) kompetensi dan pengalaman personnel, (2) teknologi yang dipakai. (3) Eksternal network, (4) Biaya yang murah, (5) kemampuan beradaptasi pada bidang industri, menggunakan analisis SWOT & RBV dalam keunggulan bersaing PT. Airindo Sejahtera Konstruksi memiliki 4 keunggulan yaitu, personnel yang competent, Metode yang tepat, alat (software) yang dimiliki, dan network yang baik. Mengacu pada faktor internal dan eksternal yang teridentifikasi, maka strategi yang tepat diterapkan oleh perusahaan adalah Focus Strategy. Strategi fokus memiliki kelemahan yaitu jika pasar jenuh atau mengalami penurunan permintaan, atau ada pesaing yang kuat menggunakan strategi yang sama maka akan mengancam eksistensi perusahaan di industri sehingga perlu evaluasi berkala dalam penerapannya untuk dapat tetap memiliki daya saing yang berkelanjutan.

PT. Airindo Sejahtera Konstruksi was established in 2021, domiciled in DKI Jakarta. The company is engaged in design, Konstruksi, project manajemen and consulting services. Facing the disruption caused by the pandemic from the beginning of 2020 to the end of 2021 was a tough year, with conditions improving and economic growth in Indonesia when this research was carried out to increase business potential, especially in engineering consulting work for industries in Indonesia that require engineering consulting services. The intense competition that occurs in this market is not only based on competitive prices, but also depends on the company's competence in following technology and scientific developments. With relatively new experience, analysis is needed in determining strategy by identifying external factors that influence success, the company's internal strengths that will lead to strategy improvement. Use KSF, SWOT & RBV and generic strategy as instrument, has been concluded the key success factors owned by PT. Airindo Sejahtera Konstruksi and identified as the following (1) competency and experience of the personnel, (2) technology, (3) External network, (4) Low cost, (5) Ability to adapt to the industrial sector, using SWOT & RBV analysis in PT. Airindo Sejahtera Konstruksi define 4 advantages, competent personnel, appropriate methods, owned tools (software), and a good network. Referring to the identified Internal and External factors, the appropriate strategy implemented by the company is the Focus Strategy. The focus strategy has a weakness, if the pasar is saturated or has decreased demand, or there are strong competitors using the same strategy, it will threaten the company's existence in the industry, so it needs periodic evaluation of its application in order to maintain sustainable competitiveness.

Kata Kunci : Analisis strategi, Key Success Factor, Internal & Eksternal Faktor, SWOT, Resource Based View, Generic Strategy

  1. S2-2022-471144-abstract.pdf  
  2. S2-2022-471144-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-471144-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-471144-title.pdf