Laporkan Masalah

CITRA TUBUH POSITIF PADA ARTIKEL MEDIA DARING (Analisis Isi Citra Tubuh Positif pada Artikel Media Cosmopolitan United Kingdom, Cosmopolitan Indonesia, dan Parapuan Tahun 2021)

ZULFA IHDA FUADINA, Lidwina Mutia S., S.I.P., M.A

2022 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Dalam beberapa tahun ke belakang, kepedulian masyarakat terhadap citra tubuh positif mulai berkembang serta meninjau kembali pengaruh dari standar kecantikan yang telah terbentuk. �Body positivity� merupakan sebuah kampanye sosial dengan gagasan yang berkembang di tengah masyarakat untuk melawan stigma negatif terhadap kondisi tubuh yang dianggap tidak memenuhi standar kecantikan. Nilai-nilai dari gagasan ini menyuarakan penerimaan dan penghargaan terhadap semua kondisi tubuh dan penampilan. Kepopuleran gagasan ini didukung oleh media-media daring yang mengangkat isu ini dalam konten yang diunggah, seperti yang dilakukan oleh Parapuan, Cosmopolitan Indonesia, dan Cosmopolitan United Kingdom. Penelitian ini menguraikan bagaimana perbandingan isi pesan body positivity yang dilakukan oleh ketiga media tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode analisis isi kuantitatif pada satu artikel yang diunggah pada tahun 2021 dari masing-masing media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam artikel milik Parapuan, Cosmopolitan Indonesia, dan Cosmopolitan United Kingdom telah memuat nilai-nilai body positivity. Artikel milik Parapuan mewujudkan body positivity secara deskriptif dengan tidak menonjolkan suatu dimensi tertentu. Pada Cosmopolitan United Kingdom, wujud body positivity didominasi oleh tiga dimensi, yaitu body acceptance/love, conceptualizing beauty broadly, dan beauty appreciation. Sedangkan, Cosmopolitan Indonesia menonjolkan body acceptance/love, inner positivity, dan body appreciation.

In the past few years, public awareness of positive body image has begun to develop as well as reviewing the influence of established beauty standards. 'Body positivity' is a social campaign with an idea that has developed in the community to fight negative stigma against body conditions that are considered not to meet beauty standards. The values of this idea speak of acceptance and respect for all bodies and appearances. The popularity of this idea is supported by online media that raise this issue in uploaded content, such as those of Parapuan, Cosmopolitan Indonesia, and Cosmopolitan United Kingdom. This study describes how to compare the contents of the body positivity carried out by the three media. The research was conducted using a quantitative content analysis method on one article uploaded in 2021 from each media.values body positivity Parapuan's article manifests body positivity descriptively by not highlighting a certain dimension. Meanwhile, at Cosmopolitan United Kingdom, the form body positivity is dominated by three dimensions, namely body acceptance/love, conceptualizing beauty broadly, and beauty appreciation. Meanwhile, Cosmopolitan Indonesia highlighted body acceptance/love, inner positivity, and body appreciation.

Kata Kunci : body positivity, positive body image, majalah daring, web content

  1. S1_2022_428197_Abstract.pdf  
  2. S1_2022_428197_Bibliography.pdf  
  3. S1_2022_428197_tableofcontent.pdf  
  4. S1_2022_428197_Title.pdf