Laporkan Masalah

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESEPEDA YANG MENGGUNAKAN FASILITAS LAJUR KHUSUS SEPEDA PADA KAWASAN PERKOTAAN JL. VETERAN - JL. PEMUDA KABUPATEN KLATEN

AFUAH NUR ISTIKHOMAH, Ir. Prof. Sigit Priyanto, M.Sc., Ph.D. ; Dr. Ir. Dewanti, MS.

2022 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Bersepeda sebagai modal transportasi semakin populer di seluruh dunia dan memberikan solusi yang berkelanjutan dan berbiaya rendah untuk perjalanan komputer dan rekreasi. Terutama di daerah perkotaan, sepeda menawarkan banyak keuntungan karena menghasilkan lebih sedikit emisi lingkungan, menempati lebih sedikit ruang, mengurangi kemacetan lalu lintas, dan memiliki efek kesehatan yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik masyarakat Klaten khususnya para pengguna lajur sepeda atau pesepeda, tingkat kepuasan masyarakat Klaten khususnya para pengguna lajur sepeda terhadap lajur sepeda yang telah disediakan oleh Pemerintah, dan pengaruh keinginan pesepeda menggunakan lajur sepeda sepanjang Jl. Veteran � Jl. Pemuda Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang melewati lajur sepeda sepanjang Jl. Veteran � jl. Pemuda. Kuantifikasi penilaian untuk indikator tingkat kepuasan pesepeda menggunakan 5 skala likert dengan skala 1 (terendah) dan skala 5 (tertinggi). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode perhitungan Hair et al dengan minimal 130 responden. Berdasarkan hasil surei, mayoritas pengguna lajur sepeda merupakan pelajar/mahasiswa perempuan dengan kisaran usia 18-25 tahun. Secara umum, mayoritas pengguna (sebesar 97%) sangat puas terhadap penyediaan fasilitar lajur sepeda yang ada di sepanjang Jl. Veteran-Jl.Pemuda Kabupaten Klaten. Faktor utama yang mempengaruhi keingian masyarakat untuk menggunakan lajur khusus sepeda adalah kualitas lajur dan fasilitas pendukung sepeda, kemudahan akses fasilitas lain untuk sepeda dan tingkat gangguan di jalan saat berkendara.

Cycling as a transportation capital is gaining popularity around the world and provides a sustainable and low-cost solution for commuter and leisure travel. Especially in urban areas, bicycles offer many advantages because they generate fewer environmental emissions, occupy less space, reduce traffic congestion and have positive health effects. The purpose of this study was to identify the characteristics of the Klaten community, especially the users of bicycle lanes or cyclists, the level of satisfaction of the Klaten community, especially the users of bicycle lanes to bicycle lanes that have been provided by the government, and the influence of the desire of cyclists to use bicycle lanes along Jl. Veteran-Jl. Youth of Klaten Regency. This research is a quantitative research using IPA (Importance Performance Analysis) method. Data collection technique is done through the distribution of questionnaires to respondents who pass through the bicycle lane along Jl. Veteran-jl. Youth. Assessment quantification for indicators of cyclist satisfaction level using 5 likert scale with scale 1 (Lowest) and scale 5 (highest). Sampling in this study using the calculation method of Hair et al with a minimum of 130 respondents. Based on the results of the survey, the majority of bicycle lane users are female students with an age range of 18-25 years. In general, the majority of users (97%) are very satisfied with the provision of bicycle lane facilities along Jl. Veteran-Jl. Pemuda Klaten Regency. The main factors that influence people's desire to use special bicycle lanes are the quality of the lanes and bicycle support facilities, the ease of access to other facilities for bicycles and the level of disturbance on the road when driving.

Kata Kunci : Karakteristik Pesepeda, Tingkat Kepuasan, Keinginan Pesepeda, Importance Performance Analysis / Characteristics of Cyclists, Level of Satisfaction, Desire Cyclists, Importance Performance Analysis

  1. S2-2022-449504-abstract.pdf  
  2. S2-2022-449504-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-449504-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-449504-title.pdf