PENGEMBANGAN FRONTEND CHAT ROOM DAN APLIKASI WEBSITE ADMIN UNTUK CHATBOT AKADEMIK
WILLYANA RAHARDJO, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T., IPM.; Dr. Ir. Rudy Hartanto, M.T., IPM.
2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASIChatbot merupakan teknologi yang banyak digunakan di bidang pelayanan pelanggan atau pengguna. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi chatbot adalah dalam bidang perkuliahan. Namun, chatbot yang bersifat seratus persen otomatis tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan sistem chatbot yang tidak hanya mampu memberikan jawaban secara otomatis, tetapi juga mampu menjembatani mahasiswa dengan staff akademik dan Kaprodi. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengembangkan fitur live chat untuk chatbot dan aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai portal terpusat bagi staff akademik dan Kaprodi. Produk dari proyek ini adalah chatbot ECHA dengan fitur live chat dan website admin ECHA untuk menghubungkan staff akademik dengan mahasiswa. Website ini mampu diakses melalui sebagian besar browser dan perangkat, serta memiliki usabilitas yang baik dengan skor SUS 84,17.
Chatbot is a technology that is widely used in the field of customer or user service. One of many way to user chatbot technology is for university. However, a chatbot that is one hundred percent automated is not enough to meet the needs of students. Therefore, a new chatbot system that is not only able to provide answers automatically, but is also able to bridge students with academic staff and the Head of Study Programs is urgently needed. This can be realized by developing a live chat feature for chatbot and a website-based application that function as a centralized portal for academic staff and the Head of Study Programs.
Kata Kunci : Chatbot akademik