Laporkan Masalah

Kebudayaan Masyarakat Gurun Arab dalam Novel Naqatu Salihah Karya Sa'ud as-San'usi: Analisis Sosiologi Sastra

ANNISA NURUL AZIZAH, Dr. Zulfa Purnamawati, S.S., M.Hum.

2022 | Skripsi | S1 SASTRA ARAB

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebudayaan masyarakat gurun Arab yang terdapat dalam novel Naqatu Salihah karya Sa'ud as-San'usi dengan menggunakan teori sosiologi sastra. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis sosiologi sastra dengan menganalisis karya sastra dan hubungannya dengan fakta sosial dalam masyarakat dengan tetap memperhatikan hubungan antarunsur di dalam karya sastranya. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan tujuh unsur kebudayaan menurut Koentjaraningrat dalam novel ini, yaitu bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian, sistem religi, dan kesenian. Bahasa yang digunakan masyarakat gurun Kuwait adalah bahasa Arab dengan dialek Kuwait pedalaman. Sistem pengetahuan masyarakat gurun adalah pengetahuan tentang binatang unta. Organisasi sosial dalam masyarakat gurun adalah sistem kesukuan, garis keturunan dari ayah, perjodohan, pernikahan dengan sepupu atau anak paman dari keluarga ayah, dan pernikahan laki-laki dengan lebih dari satu perempuan. Sistem peralatan hidup dan teknologi masyarakat gurun adalah alat membuat api dengan batang kayu, batu api, dan tumbuhan kering; pakaian yang digunakan laki-laki di gurun adalah ikat kepala atau 'iqal, gutrah, dan sandal Najdi; tempat tinggal masyarakat gurun adalah tenda dan mereka hidup nomaden dengan membawa tendanya ke mana pun mereka pergi; alat transportasi di gurun adalah unta. Sistem mata pencaharian masyarakat gurun adalah menggembala dan berdagang. Sistem religi masyarakat gurun adalah mayoritas dari mereka menganut agama Islam. Kesenian masyarakat gurun adalah permainan alat musik rabab sambil bernyanyi atau berpuisi, ukiran hena pada tangan perempuan di gurun, dan tradisi pelemparan unta.

This research aims to reveal the culture of Arab Bedouin society in the novel Naqatu Salihah by Sa'ud as-San'usi by using the methodology of literature sociology analysis. The methods used in this research are the literature sociology analysis method by doing research on the literature paper and searching for its relationship with the facts in society, observing the relationship between the elements in the literature paper. The result of this research is there are seven elements of the cultural parts that represented by Koentjaraningrat in this novel. The seven elements of the culture of Arab bedouin society in this novel are language, knowledge's system, social organization, the system of live equipment and technology, livelihood's system, religious system, and art. The language spoken by Arab bedouin society in Kuwait is Arabic language with Kuwait bedouin dialects. The knowledge's system of Arab bedouin society is a knowledge about camel. The social organization of Arab bedouin society is that they live in the dessert divided by tribe, patrilineal family, a matchmaking and marriage to a son of an uncle from father's family, and marriage to more than one women. The system of live equipment and technology of Arab bedouin society is the equipment for starting the fire are wood, flint, and dried plants; man's clothes in Arab bedouin society is a headband or 'iqal, gutra, and the insole of Najdi; they live in the tents as the nomadic people by bringing their tents everywhere; their transportation in the dessert is camel. Their livelihood's system is the herding and trading. The religious system is as a muslim. The art of Arab bedouin society is the music, that is playing rabab while singing and reading the poem; henna engraving on women's hand; and the camel roll-up.

Kata Kunci : kebudayaan, masyarakat gurun Arab, sosiologi sastra, Sa'ud as-San'usi/ culture, Arab bedouin society, literature sociology, Sa'ud as-San'usi

  1. S1-2022-430938-abstract.pdf  
  2. S1-2022-430938-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-430938-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-430938-title.pdf