EKSPRESI ROMANTIS TERMEDIATISASI SELEBRITI MIKRO (Analisis Isi Kualitatif Instagram Pasangan Gina Meidina (@ginameidinaa) dan Dedy Apriadi (@dedyape) pada Unggahan Feed Instagram Tahun 2020)
DYAH SERUNI RIZQIANA, Budi Irawanto, M.A.,Ph.D.
2022 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIKehadiran media sosial, terutama Instagram, sedikit banyak mengubah beberapa aspek kehidupan sosial, diantaranya adalah konsep selebriti dan hubungan sosial mereka dalam mengekspresikan kehidupan romantisnya. Hadirnya media sosial pun mampu memperbarui kemampuan individu untuk berkomunikasi serta menghasilkan konten yang dimediasi dan dikonsumsi dalam skala massal. Aspek romantis selama ini tidak pernah diwujudkan secara terbuka, namun era ini menjadi hal yang wajar untuk dibuka di muka publik dengan konsep mediatisasi. Di sisi lainnya, ketenaran sebagai syarat tumbuh dan populernya selebriti mikro terpenuhi dengan menghasilkan konten bersifat personal seperti ekspresi romantis. Tak ayal konten ekspresi romantis yang selama ini dianggap tabu menjadi marketing content dari seorang selebriti mikro. Berangkat dari fenomena tersebut penelitian ini berusaha melihat bagaimanakah sebenarnya ekspresi romantis yang termediatisasi ini dilakukan selebriti mikro. Penelitian ini akan melihat ekspresi romantis yang ada di akun Instagram Gina Meidina (@ginameidinaa) dan Dedy Apriadi (@dedyape). Pasangan ini kerap menunjukkan ekspresi romantis dengan melakukan Public Displayof Affection (PDA) melalui media daring seperti bergelayut manja, snuggle, berpegangan tangan, memeluk, sampai mencium. Pada penelitian ini ekspresi romantis termediatisasi dilihat dari konsep ekspresi romantis Farrugia (2013) dan Miller (2013) bagaimana Gina dan Dedy menyimpan momen diakun Instagramnya. Penelitian akan dijahit menggunakan konsep-konsep mengenai media sosial utamanya Instagram, selebriti mikro, ekspresi romantis, hingga mediatisasi yang menjadi payung konteks society dan dianalisis dengan menggunakan pisau analisis isi Krippendorf.
The presence of social media, especially Instagram, has changed several aspects of social life, including the concept of celebrities and their social relationships in expressing their romantic life. The presence of social media is also able to renew the ability of individuals to communicate and produce content that is mediated and consumed on a mass scale. The romantic aspect has never been manifested openly, but this era has become a natural thing to open in public with the concept of mediatization. On the other hand, fame as a condition for the growth and popularity of micro-celebrities is fulfilled by producing personal content such as romantic expressions. No doubt the content of romantic expressions that have been considered taboo has become the marketing content of a micro celebrity. Departing from this phenomenon, this study seeks to see how these mediated romantic expressions are actually carried out by micro-celebrities. This study will look at the romantic expressions on the Instagram accounts of Gina Meidina (@ginameidinaa) and Dedy Apriadi (@dedyape). This couple often shows romantic expressions by doing Public Display of Affection (PDA) through online media such as hanging around, snuggle, holding hands, hugging, and kissing. In this study, romantic expression is mediated through the concept of romantic expression by Farrugia (2013) and Miller (2013), how Gina and Dedy save moments on their Instagram accounts. The research will be stitched using concepts regarding social media, especially Instagram, micro-celebrity, romantic expression, to mediatization which is the umbrella context for society and analyzed using Krippendorf content analysis knife.
Kata Kunci : Kata Kunci: Instagram, Selebriti Mikro, Public Display of Affection, Ekspresi Romantis, Mediatisasi.