Laporkan Masalah

PENATAAN ARSIP INAKTIF DI BALAI PENGELOLA INFRASTRUKTUR AIR LIMBAH DAN AIR MINUM DINAS PUP-ESDM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ZURAIDA AYU MAWADATI, Eritrina Putri Ekantari, S.Hum., M.A

2022 | Tugas Akhir | D4 PENGELOLAAN ARSIP DAN REKAMAN INFORMASI

Proyek akhir ini membahas tentang penataan arsip dinamis inaktif di Balai Pengelolaan Infratruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan Dinas PUP-ESDM Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan proyek akhir ini adalah untuk menjelaskan proses penataan arsip inaktif, sarana dan prasarana yang digunakan serta kendala dalam penataan arsip dinamis di Balai Pengelolaan Infratruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan Dinas PUP-ESDM Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam proyek akhir ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kondisi arsip inaktif tergolong baik. Penataan arsip inaktif di Balai Pengelolaan Infratruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan Dinas PUP-ESDM Daerah Istimewa Yogyakarta. dimulai dari pemilahan arsip, pembungkusan arsip, penomoran berkas arsip, penataan arsip dan peletakan boks ke rak arsip. Hambatan yang ditemukan oleh peneliti adalah ruang penyimpanan yang sempit, sumber daya manusia yang masih kurang dan belum memiliki pedoman mengenai penataan arsip inaktif.

This final project describes the inactive records arrangement in Balai Pengelolaan Infratruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan Dinas PUP-ESDM Daerah Istimewa Yogyakarta. The final report aims to describe the process of inactive records arrangement, facilities and infrastructure, and its limitations during the proces of inactive records arrangement in Balai Pengelolaan Infratruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan Dinas PUP-ESDM Daerah Istimewa Yogyakarta. Data collection methods used in this final project include interviews, observation and documentation in data collection. The results obtained in this study are the condition of the inactive records is classified as good. The management inactive records of Balai Pengelolaan Infratruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan Dinas PUP-ESDM Daerah Istimewa Yogyakarta stars from the process of arranging archives, sortir archives, wrapping archives, numbering archives file, arranging aechives in boxes, and placing boxed on archive shelve. The obstacles found by researchers are narrow storage space, lack of human resources and do not have guidelines regarding the arrangement of inactive records.

Kata Kunci : Arsip, Penataan Arsip, Arsip Inaktif

  1. D4-2022-460810-abstract.pdf  
  2. D4-2022-460810-bibliography.pdf  
  3. D4-2022-460810-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2022-460810-title.pdf