Analisis Strategic Fit dan Sinergi pada grup bisnis XYZ
MIKHAEL ADIKARA, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Grup bisnis XYZ memiliki empat unit bisnis yang bergerak pada industri kimia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh grup bisnis XYZ yang akan melakukan strategi diversifikasi untuk penetrasi pasar yang lebih luas, namun grup bisnis XYZ masih memiliki hambatan seperti belum terbentuknya sinergi dan duplikasi aktivitas yang terjadi di antara unit bisnis yang mengakibatkan inefisiensi kinerja dari grup bisnis XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas rantai nilai pada setiap unit bisnis, kesesuaian strategik dan bentuk sinergi yang tercipta di antara unit bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk untuk mengembangkan pemahaman yang baik terhadap permasalahan pada deskripsi data dan kondisi yang ada. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini diawali dengan analisis rantai nilai dari aktivitas utama dan pendukung dalam unit bisnis lalu penulis melakukan analisis kesesuaian strategik guna mengetahui kesamaan peluang dari rantai nilai berbagai bisnis yang ada dan diakhiri dengan analisis sinergi untuk melihat bentuk sinergi yang perlu dilakukan antar unit bisnis. Berdasarkan hasil analisis data terdapat kesesuaian strategik terjadi pada seluruh aktivitas dari inbound, technology, operation, sales and marketing, distribution, and services. Peluang terbentuknya sinergi yang tercipta antara lain Shared Know-How, Shared Tangible Asset, Pooled Negotiation Power, Vertical Integration, and Coordinated Strategies.
The XYZ business grup has four business units engaged in the chemical industry. This research background is XYZ business grup will carry out a diversification strategy for broader market penetration. However, the XYZ business grup still has obstacles, such as the lack of synergy and duplication of activities between business units, which impact inefficiency in the performance of the XYZ business grup. This study aims to identify value chain activities in each business unit, strategic fit, and the form of the synergy created between business units. The research method used in this study is a qualitative method that aims to develop a good understanding of the problems in the description of the data and existing conditions. Research data sources are primary and secondary data through interviews, observations, literature studies, and documentation. This research begins with a value chain analysis of the primary and supporting activities in the business unit, then the author conducts a strategic suitability analysis to determine the similarity of opportunities from the value chains of various existing businesses and ends with a synergy analysis to see the form of synergy that needs to be carried out between business units. Based on the results of data analysis, there is a strategic fit that occurs in all activities from inbound, technology, operation, sales and marketing, distribution, and services. Opportunities for the formation of synergies created include Shared Know-How, Shared Tangible Assets, Pooled Negotiation Power, Vertical Integration, and Coordinated Strategies.
Kata Kunci : rantai nilai, kesesuaian strategik, sinergi