Faktor-Faktor Keberhasilan Penggunaan Learning Management System (LMS) "BeSmart Elearning" Universitas Negeri Yogyakarta
MILLA MUSTIQHA R, Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D., IPU; Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGILearning Management System (LMS) merupakan alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran daring pada banyak perguruan tinggi, salah satunya pada Universitas Negeri Yogyakarta. Forum Diskusi "BeSmart Elearning" merupakan platform yang dikembangkan oleh UNY untuk meningkatkan intensi penggunaan sistem informasi dalam pembelajaran, sekaligus menambah efisiensi, fleksibilitas dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan "BeSmart Elearning". Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan fokus pada pengujian hipotesis. Penelitian ini mengadopsi dan memodifikasi dari Theory of Reasoned Action (TRA), Technology Acceptance Model (TAM) dan Information System Success Model (ISS), serta menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diolah dengan aplikasi SmartPLS 3 untuk analisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan pengguna merupakan variabel yang signifikan secara tidak langsung mempengaruhi intensi penggunaan berkelanjutan BeSmart Elearning melalui variabel mediasi kepuasan pengguna, sedangkan kualitas informasi dan kualitas instruktur tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa norma subjektif secara signifikan mempengaruhi intensi penggunaan berkelanjutan "BeSmart Elearning", begitupun dengan kepuasan pengguna yang secara berkelanjutan berpengaruh signifikan pada intensi penggunaan berkelanjutan "BeSmart Elearning".
Learning Management System (LMS) is a tool used in online learning at many universities, one of which is Yogyakarta State University. Discussion Forum "BeSmart Elearning" is a platform developed by UNY to increase the intention to use information systems in learning, as well as increase the efficiency, flexibility and effectiveness of learning. This research was conducted to examine and identify the factors that influence the successful use of "BeSmart Elearning". The method used in this study is a quantitative method with a focus on hypothesis testing. This research adopts and modifies the Theory of Reasoned Action (TRA), Technology Acceptance Model (TAM) and Information System Success Model (ISS), and uses Structural Equation Modeling (SEM) and is processed with the SmartPLS 3 application for data analysis. The results show that system quality, service quality, perceived usefulness and perceived ease of use are variables that indirectly affect the intention to continue using "BeSmart Elearning" through the mediating variable of user satisfaction, while information quality and instructor quality do not have a significant effect. In addition, the results of the study show that subjective norms significantly affect the intention to continue using "BeSmart Elearning", as well as user satisfaction which has a significant effect on the intention to continue using "BeSmart Elearning".
Kata Kunci : Learning Management System, BeSmart Elearning UNY, Faktor Keberhasilan