Laporkan Masalah

Isu Media Sosial Dalam Film Dokumenter The Social Dilemma Karya Jeff Orlowski Tinjauan Filsafat Komunikasi Christian Fuchs

S RIZKIWA ARHAM, Dr. Hastanti Widy Nugroho, Prof. Dr. Lasiyo., M.A., M.M.

2022 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Perkembangan teknologi komunikasi khususnya media sosial telah menjadi media interaksi baru yang membentuk ruang baru bagi masyarakat untuk saling berbagi dengan menghapus batasan-batasan dalam bersosialisasi sehingga berkomunikasi kapanpun dan di manapun.. Film The Social Dilemma yang menerima banyak pernghargaan memberikan gambaran isu media sosial berdampak pada kehidupan era kontemporer saat ini. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana isu media sosial yang berada dalam film The Social Dilemma dan hasil analisis filsafat komunikasi Christian Fuchs terhadap isu media sosial di dalam film The Social Dilemma. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kepustakaan dan data film. Data primer yang digunakan adalah film The Social Dilemma karya Jeff Orlowski dan buku Rereading Marx in The Age of Digital Capitalism karya Christian Fuchs. Model penelitian yang digunakan ialah model filosifus kualitatis mengenai masalah aktual. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutika filososfis dengan unsur metode analisis ialah deskripsi, interpretasi, heuristika, dan refleksi kritis untuk mengkaji isu media sosial pada film The Social Dilemma karya Jeff Orlowski tinjauan filsafat komunikasi Christian Fuchs. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah pertama, isu media sosial pada film The Social Dilemma yaitu pertama, model bisnis pengiklanan, teknologi persuasif yang memanipulasi, media sosial mendominasi kehidupan manusia sehingga menghilangkan esensi dan eksistensi komunikasi, dan sistem masyarakat kontemporer akibat media sosial, kedua, media sosial dengan model bisnis periklanan merupakan bentuk kontrol kapitalisme. Media sosial sebagai bentuk teknologi persuasif bentuk alienasi baru Algoritma media sosial menjadi bentuk ideologi yang memanipulasi serta menyembunyikan keadaan dunia Fetisisme komoditas dalam media sosial memecah dan mempolarisasi kehidupan bermasyarakat.

The development of communication technology, especially social media, has become a new medium of interaction that creates a new space for people to share by removing boundaries in socializing so that they can communicate anytime and anywhere. Film The Social Dilemma, which has received many awards, provides an overview of social media issues that have an impact on contemporary life. This study aims to explain how social media issues are in the film The Social Dilemma and the results of the analysis of Christian Fuchs' philosophy of communication on social media issues in the film The Social Dilemma. This research is a type of literature research and film data. The primary data used are the film The Social Dilemma by Jeff Orlowski and the book Rereading Marx in The Age of Digital Capitalism by Christian Fuchs. The research model used is a qualitative philosophical model regarding the actual problem. This study uses a philosophical hermeneutic method with elements of analytical methods, namely description, interpretation, heuristics, and critical reflection to examine social media issues in Jeff Orlowski's film The Social Dilemma, a review of Christian Fuchs's philosophy of communication. The results achieved from this research are first, the issues of social media in the film The Social Dilemma, namely first, the advertising business model, persuasive technology that manipulates, social media dominates human life to eliminate the essence and existence of communication, and contemporary social systems due to social media. Secondly, social media with an advertising business model is a form of capitalism control. Social media as a form of persuasive technology, a new form of alienation. Social media algorithms become a form of ideology that manipulates and hides the state of the world. Commodity fetishism in social media divides and polarizes social life.

Kata Kunci : film, media sosial, kapitalisme, komunikasi, komoditas, fetisisme

  1. S1-2022-426792-abstract.pdf  
  2. S1-2022-426792-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-426792-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-426792-title.pdf